Menu masakan seafood memang tergolong mahal, jadi kenapa tidak mengolahnya sendiri di dapur Anda. Lebih murah, praktis dan tentunya lebih sehat karena dimasak dengan bumbu dan kualitas dapur yang bersih. Cobalah dan simak resepnya.

Udang Bakar Madu

Untuk memasak menu ini dibutuhkan ½ kg udang galah atau udang berukuran besar . Bumbu siapkan 4 sendok makan kecap manis, 8 sendok makan madu, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh merica bubuk, 3 buah jeruk nipis, mentega secukupnya, 3 siung bawang putih dan angciu secukupnya untuk menyedapkan aroma. Yang terakhir siapkan air secukupnya untuk merendam udang dan tusukan sate secukupnya.

Cara mengolahnya, pertama bersihkan udang, belah punggungnya. Rendam dalam air yang telah dilarutkan dengan garam dan jeruk nipis. Susun udang menurut selera pada tusuk sate, lalu olesi dengan garam kemudian bakar hingga setengah matang, sisihkan. Tumis bawang putih dengan mentega lalu tambahkan angciu, merica, kecap, aduk sampai rata baru kemudian tambahkan perasan jeruk nipis. Oleskan bumbu diatas pada udang, lalu bakar kembali. Jika terlihat hampir matang olesi dengan madu yang sudah dicampur dengan merica, kemudian bakar lagi. Udang siap dihidangkan.

Omelet Kepiting

Hampir sama dengan pembuatan omelet telur pada umumnya, hanya saja tambahan menu utama kepiting bisa menjadi sajian istimewa untuk
anak-anak. Cara membuatnya mudah, siapkan 5 butir telur (kocok lepas),
75 gram daging kepiting, 1 batang daun bawang (iris tipis), ½ bawang
Bombay (iris tipis), 75 gram sayuran beku (jika tidak suka bisa diganti
menurut selera), ¼ sendok teh garam, ¼ merica bubuk, 1 sendok makan
kecap, dan 1 sendok makan minyak goreng.

Cara mengolahnya, pertama kocok telur sampai lepas lalu campur dengan
daging kepiting. Masukan daun bawang, bawang Bombay, bawang putih, dan
sayuran. Bumbui dengan garam, merica, kecap, aduk sampai rata. Panaskan
minyak pada wajan anti lengket, kemudian tuang campuran telur dan masak
sampai kecokelatan dan matang. Jangan sampai sebagian dari omelet
gosong agar tampilannya menarik. Angkat dan sajikan.

Kerang Goreng Tepung

Jenis seafood yang satu ini terkenal kaya akan protein dan bergizi jadi sehat untuk dikonsumsi keluarga. Bahan yang diperlukan 300 gram kerang hijau tanpa cangkang, 100 gram tepung beras, 1 sendok makan tepung kanji, 200 ml air, 1 lembar daun kunyit (iris halus), minyak goreng secukupnya. Siapkan juga bumbu halus, yaitu 4 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar, 2 cm kunyit, lada secukupnya dan 1 sendok teh garam.

Untuk mengolahnya, pertama bersihkan kerang dari kotoran lalu tiriskan. Aduk bumbu halus, tepung beras, tepung kanji, air dan daun kunyit. Masukan kerang lalu aduk sampai rata. Sendokan satu persatu kerang sambil dibalut bumbu, goreng sampai matang kecoklatan. Sajikan hangat.

Nasi Goreng Seafood

Olahan nasi goreng seafood bisa menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Siapkan beberapa bahan pokok yang diperlukan, seperti 500 gram nasi putih, 200 gram udang (kupas), 100 gram kakap filet (potong-potong), 60 gram cumi (potong-potong), 100 gram nanas (potong-potong), 50 gram kacang polong, 3 siung bawang putih (cincang), ½ buah bawang Bombay (cincang), 2 cm jahe (cincang), kecap manis secukupnya, lada dan garam secukupnya. Jangan lupa minyak goreng dan minyak wijen untuk menyedapkan rasa.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih, bawang Bombay dan jahe hingga harum. Kemudian masukan udang, kakap, cumi, aduk rata. Saat terlihat agak matang, masukan nasi putih, beri kecap manis, lada dan garam, aduk rata kembali. Tambahkan nanas, kacang polong, masak lagi sebentar sambil diaduk-aduk hingga rata dan mata kemudian angkat dan hidangkan. Selamat mencoba. (pipit)