Rambut

Bentuknya kecil, namun piawai menyulut berbagai masalah. Pertama, ia menganggu penampilan. Kedua, ia lihai membuat kepala kita menjadi gatal tak karuan. Ketiga, bisa membuat tidak percaya diri. Dialah si kutu rambut. Kutu rambut adalah serangga kecil tak bersayap yang suka mengisap darah. Tak tanggung-tanggung, kepala kita pun menjadi sasaran empuk. Selain menjadikan kepala kita sebagai rumah, si kutu ini pun berkembang biak dengan cepat. Walhasil, kepala menjadi sarang kutu.

Tentu saja kita tak ingin kepala kita dihampiri oleh kutu, apalagi membiarkannya tumbuh berkembang. Jika sudah terlanjur memiliki kutu di kepala, itu pertanda kita harus waspada. Kutu di rambut sangat cepat berkembang dan menular. Si kutu rambut ini menular dengan cara melompat. Tak heran jika sudah ada seseorang yang terkena kutu, orang di sekitarnya pun dapat terkena.

Bagaimana cara mengatasi si kutu rambut?

Pertama, jika sudah ada anggota keluarga yang terkena, usahakan untuk dipisahkan tempat tidurnya. Saat tidur bersama, merupakan waktu si kutu untuk melompat ke mana-mana. Setelah selesai diobati dan bersih dari kutu, barulah bisa tidur bersama kembali.

Kedua, cara yang paling mudah untuk memberantas si kutu rambut adalah dengan cara menggundul rambut. Cara ini tentu saja dapat diterapkan untuk para lelaki atau anak lelaki.   Untuk anak perempuan atau wanita bisa dengan memotong pendek rambut sehingga bisa mempermudah membasmi kutu.

Ketiga yakni membersihkan kutu dari rambut dengan menggunakan cara yang alamiah dan sudah dilakukan secara turun temurun.

Keempat dengan menggunakan obat-obatan kimia yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Menggunakan cara alami

Menggunakan cara alami tanpa bahan  kimia merupakan cara yang paling aman dan cukup efektif. Bahan-bahan yang digunakan adalah yang ada di dapur kita sehingga cukup mudah untuk mencarinya. Bahan yang pertama adalah bawang merah. Cara penggunaannya adalah 6 siung bawah merah dihaluskan kemudian dioleskan dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan beberapa jam baru dikeramas. Sisir dengan serit (sisir rapat) untuk membersihkan kutu.

Bahan yang kedua adalah cuka putih. Oleskan cuka putih ke kepala, pijat halus diamkan selama 30 menit dengan kelapa ditutup shower cap. Telur kutu yang bergelantungan di rambut akan mudah terlepas saat disisir dengan sisir yang rapat (serit).

Bahan ketiga adalah campuran 2 sendok makan minyak kayu putih dicampur jeruk nipis secukupnya. Campuran tadi dibalurkan ke kulit kepala, pijat-pijat kemudian tutup rambut dengan shower cap. Biarkan selama 1 jam kemudian keramas. Setelah kering, sisir dengan serit. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

Bahan keempat adalah dengan minyak kelapa. Caranya adalah dengan menghangatkan minyak, lantas oleskan ke kepala, pijat halus. Tutup kepala dengan handuk putih dan diamkan semalaman. Sisir dengan serit. Ulangi selama seminggu berturut-turut sampai bersih dari kutu.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59153

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top