KabariNews – Mengerjakan beberapa hal sekaligus mulai dari pekerjaan kantor, mengurus keluarga serta anak ternyata bisa mendatangkan manfaat terselubung yang baik untuk Anda. Merangkap pekerjaan seperti ini berkemungkinan lebih kecil menimbulkan kecemasan, depresi atau stres.

Selain tetap bekerja sesudah berkeluarga dan punya anak memberikan penghasilan ekstra sehingga mengurangi stres finansial. Kalaupun stres biasanya akan mendapat dukungan sosial dari para kolega. Jika terjadi sesuatu yang buruk di tempat kerja, pulang ke rumah dengan suami dan anak yang bisa diajak bicara dapat membantu perasaan lebih senang.

Ada beberapa cara untuk menyeimbangkan antara karier dan keluarga.

  • Di tempat kerja Anda memikirkan pekerjaan sedangkan di rumah berkonsentrasilah pada keluarga. Mulailah berpikir positif.
  • Daripada anda berpikir betapa stresnya hidup ini lebih baik berpikir betapa kaya dan menyenangkan hidup Anda.
  • Hargailah berbagai jenis hal istimewa dan menarik yang Anda kerjakan.
  • Jika Anda mendapat terlalu banyak tugas di tempat kerja, coba diskusikan dengan bos Anda.
  • Apabila tugas rumah tangga terlalu banyak, diskusikan soal pembagian tugas dengan suami atau upah orang untuk membereskan pekerjaan rumah Anda.

Bila pekerjaan Anda tampak tidak berarti atau terjadi permusuhan atau mungkin terjadi deskriminasi di tempat kerja Anda, coba bicarakan dengan bos tentang kemungkinan untuk mengubahnya. Begitu juga halnya jika terjadi kesulitan di rumah tangga Anda. Jika Anda sudah berusaha tapi tak bisa memperbaikinya, coba konsultasi dengan teman atau ahli terapi keluarga. (p2t/ Foto : www.inmagine.com)