KabariNews – Lembaga Perhimpunan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat, Migrant Care, menggelar aksi galang dana “Rp 1.000 Untuk TKI”, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu (12/01).

Berdasarkan keterangan Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, kepada wartawan, dana yang terkumpul ini nantinya akan digunakan untuk membantu pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi yang terlantar.

“Meski cuma seribu rupiah, dana ini penting untuk membantu kepulangan para TKI di Arab,” ucapnya Anis.

Diikuti oleh sekitar 30 orang aktivis dari beberapa lembaga swadaya masyarakat, seperti Asosisiasi Tenaga Kerja Indonesia, Kontras, Gerakan Indonesia Bersih dan Lingkar Madani Indonesia, mereka menghampiri kendaraan yang melintasi Bundaran HI guna menarik simpati pengguna jalan terhadap kasus TKI tersebut.

Anis berharap agar pemerintah Indonesia mengambil langkah konkrit untuk segera memulangkan ratusan TKI bermasalah di Arab Saudi tersebut.

Selain penggalangan dana, Migrant Care juga mempersilahkan masyarakat yang ingin membantu melalui rekening peduli TKI di nomor rekening 9080101086003 atas nama Yayasan Migrant Care Bank CIMB Niaga cabang Rawamangun, Jakarta Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan tenaga kerja asal Indonesia (TKI) yang diduga mengalami masalah di Arab Saudi terpaksa tinggal di kolong Jembatan Kandara, Jeddah, Arab Saudi.

Bahkan diketahui pula bahwa ada beberapa TKI yang tengah sakit parah di lokasi mereka tinggal saat ini.

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, saat diwawancara beberapa waktu lalu, telah menyatakan bahwa pemerintah terus berusaha mengurus para TKI tersebut dan membantah bahwa Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, telah menelantarkan para TKI ini.