MITOS : Kerokan dapat menyebuhkan masuk angin

FAKTA : Salah. Kerokan sebenarnya sangat berbahaya karena akan membuka pori-pori dan menyebabkan luka dikulit. Pori-pori yang terbuka dan terluka menjadikan angin lebih mudah masuk. Kedokteran luar negari tidak mengenal istilah masuk angin, tapi lebih merujuk pada kedinginan. Pada saat kondisi badan dingin, secara otomatis daya tahan tubuh menurun.

MITOS : Banyak mengkonsumsi ikan dapat mengatasi kulit kering

FAKTA : Benar. Ikan kaya akan minyak omega yang sangat baik untuk kulit. Asam lemak omega-3 diperkirakan sangat membantu kesehatan sel kulit, mengatasi nyeri sendi dan meningkatkan kemampuan otak.

MITOS : Cokelat penyebab timbulnya jerawat

FAKTA : Salah. Cokelat mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut justru menguntungkan bagi tubuh dan tidak membuat wajah berjerawat. Namun memang perlu diingat, sebaiknya konsumsi cokelat dalam jumlah yang wajar, karena cokelat tinggi kalori.

MITOS : Kopi buruk untuk kesehatan

FAKTA: Salah. Kopi berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan adiksi, menimbulkan rasa takut seperti jantung berdebar kencang. Tapi jika dikonsumsi secara normal, justru menyehatkan karena di dalam kopi terkandung kafein dan antioksidan yang menyehatkan tubuh.

MITOS : Makan durian bersamaan dengan minum bir dapat menyebabkan kematian?

FAKTA : Salah. Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa kedua keduanya merupakan kombinasi yang mematikan. Namun memang tidak dapat dipungkiri jika dikonsumsi bersamaan maka dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, gangguan saluran cerna dan gangguan pada hati.

MITOS : Konsumsi wortel setiap hari akan membuat mata sehat, pandangan jernih dan mencegah rabun.

FAKTA : Benar. Wortel mengandung karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Tapi tak hanya wortel, karena karoten bisa didapatkan dari buah lainnya seperti papaya dan mangga.

MITOS : Membaca sambil tiduran dapat menyebabkan rabun jauh

FAKTA : Benar. Membaca sambil tiduran biasanya membuat jarak buku dan mata makin lama makin dekat sehingga mata dipaksa untuk terus fokus dalam jarak yang tidak ideal. Tidak hanya sambil tiduran, membaca sambil duduk dan berdiri sekalipun kalau jaraknya kurang dari 12 inci (sekitar 30 cm) dapat membuat mata cepat lelah sehingga dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan rabun jauh.

MITOS : tangan berkeringat ciri gejala penyakit jantung?

FAKTA : Salah. Tangan berkeringat bukan gejala sakit jatung. Ciri penyakit jantung yaitu dada terasa sesak serasa ditekan saat beraktivitas. Tangan berkeringat biasanya dialami oleh seseorang yang merasa gugup. Bila tangan berkeringat, itu akibat kondisi saraf yang terlampau sensitif atau hipersensitif.

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69473

Untuk melihat artikel Serba-Serbi lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah