Mitos: Kantongi ponsel bisa membuat pria mandul?

Fakta: banyak rumor beredar di masyarakat yang menyatakan bahwa pria bisa mandul jika lama-lama menyimpan ponsel dalam saku celana. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa ponsel bisa mempengaruhi tingkat kejantanan seorang pria terutama dalam hal produksi sperma. Hal ini terjadi karena ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik dengan emisi rendah. Meskipun tidak berbahaya dalam waktu singkat, namun implikasinya akan semakin bertambah di masa mendatang karena itu sebaiknya jangan terlalu sering mengantongi ponsel.

Mitos : Hanya anak kembar yang bisa memiliki keturunan kembar

Fakta : Kehamilan kembar memang sangat mungkin terjadi pada pasangan yang memiliki keturunan kembar. Namun, di era ilmu kedokteran yang semakin maju, sudah tersedia obat pemicu tumbuh kembang sel telur, sehingga pembuahan dapat terjadi secara alami di dalam saluran telur atau laboratorium pada kasus bayi tabung.

Mitos : Makan asam dapat merusak gigi

Fakta : yup, selain makanan manis, makanan yang mengandung asam ternyata bisa merusak gigi. Permen asam, minuman berkarbonat juga bisa merusak lapisan enamel gigi sehingga terjadi erosi. Jika ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi, sebaiknya konsumsi bersamaan dengan makanan lain. Lalu sikat gigi secara rutin untuk menetralisir asam di dalam mulut.

Mitos : Untuk menurunkan kolesterol sebaiknya semua lemak dihindari

Fakta : Tidak semua lemak sama. Lemak jenuh yang terdapat pada mentega dan daging, lemak trans pada makanan cepat saji memang harus dihindari. Tetapo lemak tak jenuh pada ikan, kacang-kacangan dan minyak zaitun justru bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Mitos : Terlalu berlebihan mengkonsumsi bawang merah dapat menyebabkan bau badan

Fakta : Salah. Bawang hanya menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga lebih mudah berkeringat. Bau badan akan muncul jika keringat bercampur dengan bakteri. Bakteri mudah tumbuh di daerah lipatan tubuh seperti ketiak.

Mitos : Menambahkan perasan air jeruk nipis pada makanan berkuah santan dapat menghindari kolesterol dan menurunkan berat badan?

Fakta : Benar. Air asam dari jeruk nipis terbukti dapat memecah lemak dan mudah dilarutkan oleh air saat berada dalam pencernaan. Tetapi perlu diingat, lemak akan lebih cepat terbakar jika dibarengi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Mitos : Makanan pedas menyebabkan sakit maag?

Fakta : Dulu, makanan pedas sering dianggap menjadi biang keladi terjadinya sakit maag. Namun kini para ahli telah menemukan fakta sebenarnya. Penyakit maag umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori maupun obat-obatan tertentu. Walaupun makanan pedas bisa memicu gejala sakit maag, namun buka itu penyebab awalnya.

Mitos : Mengurangi asupan makanan dapat mengecilkan perut

Fakta : Mengurangi asupan makanan tidak membuat perut kecil, meskipun mengurangi asupan

Mitos : Mentimun dapat menghilangkan mata panda ( garis gelap dibawah mata)

Fakta : Mentimun sangat membantu dalam mengurangi lebam atau mata panda karena bersifat dingin. Selain menghilangkan garis gelap, mentimun juga dapat menyegarkan mata.

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72367

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan