Selama ini kita selalu dipusingkan dengan kenaikan harga BBM. Dengan kenaikan BBM, kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan dan kebutuhan lain yang harganya juga ikut-ikutan naik. Kini, sudah ada alternatif mobil dengan bahan bakar yang murah meriah yakni udara. Udara yang kita hirup sehari-hari? Ya, mobil Airpod menggunakan bahan bakar udara yang dikompresi. Penemuan baru yang hebat bukan?

Mobil mini ini menggunakan mesin pneumatik (tenaga udara). Udara dimasukkan ke dalam tangki menggunakan pompa eksternal. Udara ditampung di dalam tangki fiber karbon ringan yang berkapasitas  80 liter atau 2 1.1 galon. Tekanan udara dalam tangki inilah yang kemudian bisa menggerakkan mobil.

Mobil mini ini memang didesain untuk digunakan sebagai mobil perkotaan tanpa BBM dan tentu saja bebas polusi.  Produsen Airpod mengklaim bahwa mobil ini benar-benar bebas polusi karena gas buang nya berupa udara.

Mobil ini sudah melalui penelitian selama bertahun-tahun oleh Motor Development International (MDI). Untuk pembuatan mobil mini ini, lisensi ekslusif diberikan kepada perusahaan otomotif raksasa dari India, TATA. Produsen mobil yang terkenal dengan inovasi mobil murah sejagat ini tampaknya memiliki komitmen untuk melakukan terobosan jauh ke depan. Selain mobil mini ini didesain unik, canggih dan futuristik, hemat bahan bakar, harganya pun murah. Harganya berkisar 5.000 – 10.000 dolar.

Mobil kecil ini hanya memiliki 3 roda dan tanpa setir yang biasa. Untuk mengendarainya hanya perlu menggunakan joystick. Mobil ini dapat mengangkut 3 orang. Uniknya, pengemudi dan penumpang duduk saling membelakangi. Dengan begitu hanya dibutuhkan 2 buah pintu untuk masuk ke dalam mobil.

Mobil ini diperkirakan akan mampu membuat perubahan besar di masa depan. Sebuah masa dimana tidak ada lagi polusi kendaraan yang berlebihan, bebas dari kemacetan dan tentu saja hemat biaya. Apakah harapan itu terdengar berlebihan?

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53357

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________

Supported by :