Surat kabar masyarakat Seattle, Seattle Post Intelligencier atau Seattle P-I akhirnya tumbang setelah mengalami kerugian operasional sejak tahun 2000.

Koran yang bertiras ratusan ribu dan memiliki sekitar 114. 000 pelanggan itu menerbitkan edisi terakhirnya pada Selasa (17/03) kemarin.

Manajemen mengatakan meski tak lagi terbit dengan versi cetak, Seattle P-I tidak benar-benar tutup, melainkan akan beralih operasi menjadi harian online. 

Perubahan ini tentu membawa dampak bagi ratusan karyawannya termasuk para wartawan. Dari 150 staf, Seattle P-I akan memangkasnya menjadi tinggal 20 wartawan dan 20 staf bagian iklan.

Konsorsium pemilik Seatle P-I, Hearst Corp, yang juga baru saja mengumumkan rencana penutupan San Francisco Chronicles, mengatakan opsi ini adalah opsi terakhir setelah berusaha dipertahankan selama bertahun-tahun.

Seatle P-I berdiri sejak 1863 dengan nama Seattle Gazette. Selama 146 tahun koran ini memiliki sejarah yang panjang dan unik. Pemimpin umum Hearst Corp, Frank Bennack mengatakan, “Seattle P-I memiliki sejarah yang panjang dan unik selama melayani pembaca di Northwest.” katanya.

Tapi harian ini terus mengalami kerugian, menurut AP kerugian pada tahun 2008 saja mencapai 14 juta dollar AS.

Dengan tumbangnya Seattle P-I, maka di daerah Seattle hanya menyisakan satu harian, yang masih terbit, yakni The Seattle Times. Setelah sebelumnya Rocky Mountain juga tutup.

AP juga menulis, salah seorang pelanggan setia Seattle P-I, David Lonay, (80) mengaku merasa sangat kehilangan.

Dia mengatakan “Sekarang saya tak lagi bisa melakukan ritual pagi, yakni membaca harian tersebut. Ritual seperti itu tak bisa diganti begitu saja dengan membuka komputer dan membaca web.” katanya. (sumber : AP)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32814

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket