Noken Papua, Tas Multifungsi Dapat Pengakuan Dunia

Satu lagi benda warisan budaya Indonesia akan segera diakui dunia. Noken atau tas anyaman multifungsi asal tanah Papua pada tanggal 4 Desember 2012 akan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO di Prancis. Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti.

Wiendu mengatakan, warga Indonesia patut bangga dengan penetapan Noken sebagai warisan dunia, pasalnya untuk mendapatkan pengakuan dunia, noken harus menunggu  dan melalui berbagai revisi selama empat tahun, sampai akhirnya akan diakui dunia awal Desember nanti.

Indonesia punya beragam kekayaan budaya dan tradisi yang jika diolah dengan baik bisa melahirkan kekuatan dan karakter bangsa yang kuat. Wiendu menambahkan, sudah sepantasnya bangsa Indonesia menanamkan nilai-nilai tradisi budaya, hingga bisa membentuk karakter Indonesia yang tangguh.  “Noken merupakan satu contoh karekter bangsa. Nanti, kita bisa berkerjasama dengan berbagai pihak untuk membuat Noken Papua berdaya jual tinggi. Bisa saja dengan menggandeng desainer Indonesia untuk menjadikan Noken sebagai bahan, atau aksesoris dalam karya fesyennya,” paparnya.

Noken dimanfaatkan masyarakat Papua sebagai wadah untuk membawa segala macam barang, bahkan difungsikan mirip seperti tas untuk menyimpan keperluan sehari-hari, membawa berbagai macam  sayuran dan buah, bahkan bisa juga digunakan untuk menggendong anak atau untuk ayunan. Para ibu di Papua menggunakan Noken dengan cara yang tidak biasa bahkan unik yaitu dengan menggantungkannya di kepala, sehingga beban atau benda yang dibawa bertumpu di punggung. Noken sangat penting untuk mayoritas masyarakat Papua.

Tas multifungsi ini terbuat dari kayu hutan yang dianyam tangan oleh para ibu di setiap suku pedalaman. Meski sama, Noken masing-masing suku di Papua punya ciri khas sendiri. Bahkan Noken bukan hanya sebagai alat tapi juga menjadi simbol bagi masyarakat Papua, yaitu melambangkan kesuburan, persatuan dan kesatuan Papua.

Itulah alasan kenapa Noken menjadi peninggalan budaya yang  wajib dilestarikan. Bukan hanya asli berasal dari budaya Indonesia, tapi Noken merupakan salah satu kekayaan bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50662

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :


Comments