buah rambutan

Ingin memanjakan warga Jakarta dengan buah-buahan, November ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menjalankan program tanaman buah. Sebanyak 40 ribu pohon buah telah disiapkan, yang nantinya akan disebar ke seluruh wilayah Jakarta. Ribuan pohon tersebut terdiri dari pohon durian, rambutan, mangga dan jambu air. Pria yang akrab disapa Jokowi itu pun mempersilakan warganya memetik dengan cuma-cuma jika nantinya pohon sudah berbuah.

“Warga boleh petik sesukanya. Ada mangga, jambu, rambutan, durian” papar Jokowi.

Penanaman pohon buah nantinya akan diatur berdasarkan karakter atau kondisi tanah di masing-masing wilayah. Jokowi menjelasakan, misalnya pohon durian dan rambutan akan ditanam di sekitar Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, untuk mangga di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Sedangkan pohon jambu air akan ditanam di wilayah Jakarta Pusat.

Bukan tanpa alasan orang nomor satu di Jakarta ini memilih menanam pohon buah di bulan November, pasalnya pada akhir tahun ini diprediksi curah hujan akan meningkat sehingga ketersediaan air yang dibutuhkan pohon akan cukup. Jokowi mengaku optimis, penghijauan dengan pohon buah akan bermanfaat bagi masyarakat. “Di suatu kota itu harus ada estetikanya, harus ada penghijauan dan harus dilihat produktivitasnya. Nanti pasti kelihatan” katanya.

Rencananya pohon-pohon buah akan ditanam di dua lokasi dan diharapkan bisa bermanfaat. Pohon-pohon buah akan ditanam di tepi-tepi jalan agar bisa berfungsi sebagai tanaman peneduh untuk para pejalan kaki, ada juga yang ditanam di pemuiman warga. “Macam-macam, ada yang ditanam di pinggir jalan, di pemukiman juga. Pokoknya saya ingin lihat barangnya kelihatan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59748

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Tip Top