KabariNews – Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dan sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia telah memainkan peran yang luar biasa dalam mempromosikan pluralisme dan penghormatan terhadap keragaman agama.

“Saya juga  ingin mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas upayanya dalam memberantas ekstrimisme dan kerjasamanya dengan negara-negara lain dalam memerangi terorisme” kata Barack Obama dalam Forum APEC seperti dikutip dari siaran pers kedubes Amerika Serikat, Rabu, (12/10)

Obama mengatakan senang sekali dapat bertemu dengan Presiden Joko Widodo. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada beliau atas pemilihan presiden yang sukses. Seperti anda tahu, saya merasa sangat dekat dengan Indonesia, karena saya sempat tinggal di sana ketika masih kecil” kata Obama



Terpilihnya Presiden Jokowi dalam pemilihan presiden silam menegaskan kembali bahwa Indonesia telah melakukan transisi penuh menjadi demokrasi yang berkembang, dan menjadi sebuah contoh toleransi dan pluralisme yang kita semua berharap terjadi di seluruh belahan dunia.

“Saya paham bahwa Presiden Jokowi memiliki agenda reformasi yang ambisius, dan pesan utama saya hari ini adalah bahwa Amerika Serikat ingin menjadi mitra Indonesia yang kuat dan ingin membantu Indonesia mencapai tujuan tersebut.” Kata Obama

Sebagai bagian dari kemitraan komprehensif AS-Indonesia, kedua negara telah bekerja sama dalam beragam isu — ekonomi, pembangunan, keamanan, program pertukaran, lingkungan — dan dia berharap dapat membicarakan bagaimana kita membangun momentum tersebut, mungkin dalam sebuah kunjungan Presiden Jokowi ke Washington tahun depan.

Obama juga ingin berterima kasih kepada Indonesia atas kepemimpinannya, baik di tataran regional maupun internasional, dalam menghadapi sejumlah isu. Sebagai pemimpin di ASEAN, Indonesia menjadi pendorong dalam upaya bantuan bencana, pendidikan, program pertukaran ilmu pengetahuan dan teknis, sekaligus keamanan maritim. Kedua negara setuju bahwa harus menjaga norma-norma internasional yang menjamin kebebasan dalam pelayaran, dan bahwa semua negara harus diperlakukan secara adil dan setara. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72555

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Hosana