KabariNews – Lazimnya pakaian atau gaun terbuat dari kain, ada juga eksperimen lain terbuat dari bahan-bahan daur ulang, seperti bahan plastik, koran, karet, atau tumbuhan. Pernahkah Anda melihat gaun yang diciptakan dari bahan roti?

Pertama kali di Indonesia, bahkan dunia gaun mewah dirangkai dari 100 persen roti asli. Memperingati 12 tahun berdirinya BreadTalk Indonesia, Tina Andrean berkolaborasi dengan desainer bunga Inneke Elizabeth Turangan menciptakan karya 11 gaun mewah roti.

Tina Andrean yang juga seorang desainer baju pengantin tak main-main dengan karyanya ini, terinspirasi dari trend Fashion Haute Couture designer Internasional, ia bersama tim kreatif menggabungkan kenikmatan roti BreadTalk Indonesia dengan tren fesyen yang saat ini sangat popular.

Untuk membuat mahakarya tersebut Tina mengaku tidak mudah, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk menyelesaikannya. Proses pembuatnnya juga perlu kesabaran ekstra, pasalnya untuk merangkai sebuah gaun perlu dilakukan berulang-ulang jika gagal. “Gaun roti ini tidak semudah kita jahit baju pakai benang. Kita pakai lem dan kawat, jadi kalau salah pasang rotinya bisa hancur. Semua dilakukan dengan teliti dan hati-hati, kalau gagal kita buat lagi dari awal” ungkap istri Johnny Andrean itu.

Gaun-gaun yang terbuat dari roti ditampilkan dengan beragam bentuk yang terdiri dari gaun pendek dan gaun panjang serta berbentuk potongan Asimetris dan Bustier. Masing-masing gaun mengusung tema yang berbeda, seperti Pocahontas, On Thousand Roses, Balerina, Parang, Cocktail Dress, Heritage Night, Gown, Onna Bugeisha, Star Trek, Maleficent dan All in One Dress.

Jenis roti yang digunakan pun beragam, BreadTalk menggunakan sekitar 6000 jenis roti dengan bentuk yang beragam untuk mendapatkan hasil maksimal yang menyerupai bentuk asli gaun. “Saya melihat ini sebagai tantangan, saya menghabiskan 6000 roti. Ini juga dibuat di patung karena rentan dan detail, tapi disitulah tantangannya” ujarnya.

MURI BreadTalk 1Karena pertama kali di Indonesia, Museum Rekor Indonesia ( MURI) menganugerahkan Rekor Peragaan Busana & Aksesoris dengan Roti Terbanyak kepada BreadTalk Indonesia. Ketua Umum MURI, Jaya Suprana mengatakan bahwa pameran gaun roti ini menjadi yang pertama kali di Indonesia, bahkan belum pernah ada di dunia. “Ini inovasi yang luar biasa sekali. Seharusnya masuk rekor dunia. Ini menjadi pameran pertama di dunia berupa busana dan aksesoris yang terbuat dari roti. Penghargaan MURI dianugerahkan kepada BreadTalk Indonesia” kata Jaya sesaat sebelum memberikan piagam MURI kepada pasangan Johnny Andrean dan Tina Andrean.

Koleksi gaun dan aksesoris roti ini akan menjadi pameran unik dipertengahan Agustus 2015 ini, gaun-gaun roti akan dipamerkan selama 5 hari mulai 18-23 Agustus di Kota Kasablanka, Jakarta. Tina berharap karyanya ini tidak hanya menuai decak kagum para penikmat roti, tapi juga menginspirasi pelaku kreatif lainnya untuk menghasilkan karya yang unik dan berbeda.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79298

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1