Salah satu organ penting tubuh kita adalah ginjal yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan racun dalam darah. Penurunan fungsi ginjal seringkali tidak terdeteksi. Padahal, kerusakan pada ginjal akan berakibat fatal. Penderita harus menjalani cuci darah yang biayanya mahal dan juga dialisis. Jika kondisi tak memungkinkan, penderita mau tak mau harus transplantasi ginjal yang biayanya selangit.

Berkaitan dengan ginjal, ada hari spesial yang mengingatkan kita akan pentingnya ginjal. Hari Kamis minggu kedua bulan ketiga adalah hari khusus tersebut. Pada hari itu, seluruh dunia memperingati Hari Ginjal Sedunia atau  World Kidney Day. Untuk tahun ini jatuh bertepatan dengan hari Kamis 14 Maret 2013.

Beberapa organisasi dan perkumpulan peduli kesehatan memperingati Hari Ginjal Sedunia ini dengan beragam kegiatan. Mulai dari membagikan brosur, mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis, hingga seminar gratis untuk umum. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Kesehatan ginjal sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh. Ginjal akan bekerja lebih keras bergantung kepada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Penggunaan obat-obatan kimia pun akan menambah berat kerja ginjal. Pola hidup tak sehat seperti jarang olahraga, sering menahan kencing dan kurang minum air putih kian memperparah kesehatan ginjal.

Apa lagi yang harus kita perhatikan juga untuk kesehatan ginjal? Rutin memeriksakan kadar kolesterol, tekanan darah, menghindari stres, rokok dan mengkonsumsi obat atau suplemen sesuai takaran. Penyakit seperti diabetes, kegemukan dan darah tinggi dapat memicu timbulnya penyakit ginjal. Pesan Hari Ginjal Sedunia ini mari kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53605

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :