KabariNewsBerangkat dari peran kontributif industri kreatif dalam memajukan sektor ekonomi, lahirlah gagasan untuk mengadakan ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF). Indonesia menjadi tuan rumah pertama acara ini, dan kelak bergulir secara simultan ke negara-negara anggota ASEAN dan juga Jepang. Acara puncak AYCIF dilaksanakan pada 29-30 Agustus 2015 di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Industri kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Upaya pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dengan mengutamakan kreativitas inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah ekonomi kreatif,  yang diharapkan akan menjadi penggerak utama dalam tahap perkembangan ekonomi yang baru.

AYCIF - 8

Bpk. Meliadi Sembiring (Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK dari Kementerian Koperasi dan UKM RI)

Dalam sambutannya pada peluncuran ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF) yang diselenggarakan di Epiwalk pada hari ini; Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Meliadi Sembiring berkomentar,

“Industri yang berbasis human capital ini telah melahirkan banyak inovasi yang dikemas dalam konsep bisnis dan terbukti mampu menggerakkan perekonomian. Pada tahun 2008, tercatat industri ini menyerap 7,39 juta tenaga kerja, dengan kontribusi sebesar 10,58% dari total ekspor nasional di Indonesia. Potensi industri sedemikian signifikan hingga diperhitungkan sebagai salah satu penggerak perekonomian  di masa depan.”

Turut hadir untuk meluncurkan kegiatan ini adalah Minister H Counsellor Deputy Chief of Mission, Mission of japan to ASEAN, Yukiko Okano.

AYCIF opening

Ms. Yukiko Okano (Minister-Counsellor Deputy Chief of Mission, Mission of Japan to ASEAN)

AYCIF adalah bentuk kerjasama dari Japan ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN, Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesina, dan UKM Center FEUI, untuk memacu sinergi dari wirausaha muda kreatif di kawasan ASEAN dan Jepang. Sebagai tuan rumah pertama untuk rangkaian kegiatan terbesar untuk industri kreatif ini, Indonesia akan mengundang pelaku industri kreatif dari negara anggota  ASEAN dan Jepang untuk berdiskusi, berjejaring, dan memamerkan karya dan produknya di Kawasan Kota Tua Jakarta pada 29-30 Agustus 2015 mendatang.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75145

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero

 

 

 

 

kabari store pic 1