Beberapa minggu terakhir Departemen Imigrasi Amerika (ICE) banyak menangkap mahasiswa yang tidak memiliki surat-surat resmi atau
ilegal. Kebanyakan mahasiswa yang ditangkap adalah anak-anak yang sejak kecil dibawa hijrah oleh orangtua mereka ke Amerika. Kemungkinan
besar mahasiswa yang tertangkap akan dideportasi ke negara asalnya.

Belum lama ini, Eric Balderas (19), mahasiswa universitas Harvard ditangkap aparat polisi imgrasi
ketika menggunakan kartu pelajar untuk penerbangan tujuan Boston setelah mengunjungi
ibunya. Eric dibawa secara gelap oleh orangtuanya sejak ia berusia empat tahun
dengan sebuah perahu melalui Rio
Grande. Sejak saat itu Erick hidup dan tumbuh layaknya
anak Amerika. Tidak lama setelah ditangkap, Eric menghabiskan waktu di karantina imigrasi dengan ancaman deportasi dan dalam pengawasan bunuh diri.

Akan tetapi, Eric kemudian menerima dukungan yang luar biasa dari berbagai komunitas termasuk para petinggi Universitas Harvard, Senator Richard Dublin dari Negara bagian Illinois, dan ribuan pendukung di Facebook.

Hasilnya, pihak imigrasi memberikan Eric semacam penangguhan hukum sementara dan dikabulkan “Deferred Status”, yang berarti Eric tidak akan dideportasi terkecuali ia melanggar hukum.

Pihak Departemen Imigrasi juga menyatakan bahwa mereka biasanya tidak mendeportasi murid-murid illegal yang besar di Amerika Serikat, khususnya mereka yang didukung besar oleh teman-teman, guru atau profesor, atau wakil Negara.

Eric dan para mahasiswa lainnya yang ditangkap, bisa dipastikan akan selamat dari ancaman deportasi, jika undang-undang legislasi yang kerap disebut “The Dream Act” dikabulkan. Undang-undang itu akan memberikan kesempatan kepada anak-anak berstatus gelap dyang dibawa orangtuanya ke Amerika. Barack Obama mendukung “The Dream Act”, beliau juga meningkatkan pelaksanaan penangguhan reformasi imigrasi bagi pihak Republik. Ini berarti, anak-anak di bawah naungan “The Dream Act”, memiliki resiko lebih tinggi akan penahananan dan pendeportasian.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35182

Untuk

melihat artikel imigrasi Amerika lainnya, Klik

di sini

Klik

di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon
beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported

by :