festival pencak silat 2014Menyusul batik, keris dan ragam budaya lainnya yang sudah diakui oleh Unesco, kali ini seni bela diri pencak silat pun akan didaftarkan ke Unesco sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda asal Indonesia. Kesempatan ini sudah dinantikan sejak tiga tahun lalu, namun sampai saat ini belum teralisasi.

Untuk memuluskan langkah ke Unesco, dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan Festival Pencak Silat (FPS) se-Jawa Barat 2014 pada 16 Februari mendatang di Kiarapayung Jatinangor Kabupaten Sumedang. Festival ini juga merupakan refleksi dari buah kecintaan masyarakat terhadap seni dan budaya nasional terutama pencak silat.

Disampaikan Yusyus Kuswandana, selaku penggagas Festival Pencak Silat Jawa Barat yang juga anggota DPR RI, rencana ini diharapkan bisa berjalan lancar agar pencak silat segera mendunia. “Sayang sekali kalau warisan budaya yang sudah mendunia ini, belum diakui oleh Badan Dunia. oleh karena itu, FPS akan segera digelar sebagai salah satu upaya proses pendaftaran ke Unesco” paparnya.

FPS akan diramaikan dengan pemecahan rekor Muri dengan menampilkan 10.000 pesilat dari seluruh Indonesia. Agenda lain, akan digelar berbagai kegiatan seperti kemah pesilat, pameran edukasi dan industri kreatif masyarakat, seresehan budaya ‘mendaftarkan pencak silat sebagai warisan budaya dari Indonesia ke Unesco PBB’.

Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk menyemarakkan perkembangan pencak silat Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum awal untuk mendukung persaingan global.

Yusyus menyampaikan, Unesco tidak hanya melihat dari sejarah, tapi juga dari apakah warisan budaya itu masih hidup dan berkembang atau tidak di masyarakatnya. “ Festival ini akan menjadi bukti bawa pencak silah masih hidup dan berkembang di masyarakat” pungkasnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61242

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero