pengharum ruangan alami

Pengharum ruangan kerap menjadi ‘penyelamat’ untuk mengatasi ruangan atau rumah yang beraroma kurang sedap. Selain dianggap penting oleh kebanyakan ibu rumah tangga, pengharum ruangan juga biasa digunakan sebagai aroma terapi untuk melengkapi suasana rumah dan ruangan. Sebenarnya Anda tidak perlu lagi membelinya, karena pengharum alami bisa diciptakan sendiri. Ini bisa jadi cara untuk hemat dan sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami dan mudah didapatkan.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat pengharum ruangan yaitu, memasak rempah, menanam tanaman berbau wangi, dan membuat pengharum rempah kering.

Memasak rempah

Anda bisa menggunakan bumbu dapur untuk menghasilkan aroma yang tak kalah dengan pengharum ruangan sintetis. Gunakan rempah yang beraroma wangi, seperti kayu manis, cengkeh, vanilla atau rosemary. Rebus semua rempat tersebut  dalam panci atau kendil (tutup panci saat merebus), jika sudah mendidih, segeralah bawa panci ke ruangan yang diinginkan buka tutupnya. Anda bisa menambahkan potongan jeruk nipis atau lemon untuk menambah aroamanya. Asap atau uap dari rebusan rempah tadi bisa membuat ruangan lebih harum alami. Cara ini lebih sehat karena aroma yang dihasilkan berasal dari bahan-bahan alami yang diolah sendiri tanpa campuran bahan kimia.

Menanam tanaman berbau wangi

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk membuat pengharum rumah. Melati merupakan pilihan yang terbaik, karena wangi alaminya begitu kuat. Untuk menanam tanaman wangi, sediakan pot kecil dari plastik atau tanah liat. Letakkan pot ini di dekat jendela agar tanaman wangi yang Anda tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Rempah kering

Biasanya rempah kering bisa didapatkan di penjual bumbu. Jika tidak ingin repot memasak atau menanam, Anda bisa membeli semua bahan alami dalam bentuk kering di pasar atau supermarket yang menyediakan bumbu dapur kering.  Pilihlah bumbu dapur yang sudah dikeringkan dan beraroma wangi, seperti cengkeh, melati, kulit jeruk. Tempatkan pada kain kasa yang sudah dibuat kantung, lalu gantungkan pada kipas angin atau pendingin ruangan. Jika ingin aroma lain, seperti lavender misalnya, pilih lavender kering. Lavender kering bisa digantung dekat jendela, selain bisa digunakan sebagai pengharum ruangan, lavender juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Selamat mencoba.

Rangkaian bunga segar

Bunga-bunga segar yang dirangkai pada vas memberi aroma alami dan harum. Selain bisa mempercantik ruangan, aroma bunga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58148

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


6 + dua =