KabariNews – Seiring dengan gencarnya aktivitas ekspor bilateral Indonesia-Amerika Serikat, bangsa kita boleh berbangga karena hasil produk yang disuplai oleh para eksportir ke Negeri Paman Sam dalam kondisi yang bagus. Pasar Amerika menyambut baik produk-produk dari Tanah Air kita, mulai dari tas hingga alas kaki kerja, yang kesemuanya meningkat permintaannya dari tahun ke tahun.

Direktur American Manufacture Company, Inc. sekaligus Presiden Dewan Bisnis Indonesia-AS, Harry Chou, mengapresiasi pelaku usaha Indonesia atas komitmen dan kualitas tinggi produk-produk mereka. Harry Chou, melalui rilis yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan, Selasa (23/6) mengatakan perusahaannya tidak mungkin dapat memenuhi permintaan yang cukup sulit dari ribuan hotel yang meminta produk perabotan dan desain ruangan secara cepat, yang dapat dipenuhi oleh para produsen Indonesia.

Wakil Direktur Apparel Sourcing Under Armour, Peter Gilmore, juga mengatakan pebisnis Indonesia merupakan pendatang relatif baru di pasar AS, namun menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. “Pembelian Under Armour dari pebisnis Indonesia, terutama untuk alas kaki kerja meningkat 75 persen antara 2014 dan 2015. Alas kaki kerja merupakan produk Under Armour dengan pertumbuhan tercepat,” ujar Peter.

Senada dengan Peter, Wakil Direktur Bidang Pemerintahan dan Pajak McCormick and Company, Inc. Paul Nolan menyatakan Indonesia menjadi komponen penting dalam rantai pasokan rempah-rempah yang diperdagangkan oleh perusahaannya.

“Kayu manis, lada hitam, lada putih, pala, vanili, dan cengkih berada di deretan produk paling ikonik, penting, dan populer. Kami berupaya terus mengembangkan bisnis kami di AS dan seluruh dunia, sehingga akan mendorong lebih besar lagi permintaan dunia atas bumbu dan rempah-rempah Indonesia,” ujar Paul.

Sementara itu di bidang furnitur, Indonesia jadi tujuan utama perusahaan-perusahaan AS yang ingin mendapatkan furnitur berkualitas tinggi secara berkelanjutan. Presiden Selamat Desain, Thatcher Davis, mengapresiasi perajin Indonesia yang terampil membuat perabotan ramah lingkungan, namun tetap trendi.

Presiden, CEO, dan Ketua Dewan Ethan Allen Designs, Inc., Farooq Kathwary, menuturkan banyak keuntungan dari bekerja sama dengan Indonesia ditilik dari sejarah keahlian, para pekerja yang semangat belajar, investasi yang telah di buat dalam teknologi, dan etos kerja tinggi yang dipegang para pekerja dan manajemen. “Kami mengharapkan pertumbuhan berkelanjutan dengan mitra-mitra baru dan Indonesia sudah memilikinya,” tandas Kathwary.

Saat ini lima besar produk ekspor Indonesia ke AS adalah pakaian, alas kaki, karet, makanan laut, dan furnitur. Sedangkan lima ekspor utama AS ke Indonesia adalah pesawat terbang, kedelai, buah-buahan, peralatan mesin, dan kapas. (1009)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78175

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1