Saat ini banyak penyakit-penyakit yang biasa menyerang kaum tua usia 50 tahun ini mengincar pemuda belasan tahun.

Hal itu bias dipahami, mengingat gaya hidup yang kurang sehat, kurang olahraga, dan banyak pikiran bisa membuat penyakit mudah menyerang usia muda.

“Ketika kita muda, kita selalu berpikir orang muda tak akan terkalahkan,” kata Executive Director of the American Public Health Association, George Benjamin dalam MSN. Kata-kata ini nampaknya patut diperhatikan, karena penyakit yang umumnya mendera orang usia 50 tahun ke atas ini berkaitan dengan makanan dan gaya hidup.

1. Diabetes Tipe 2
Diagnosis awal : Usia 40-an atau 50-an
Saat ini : Sejak kecil

Bagaimana mungkin, diabetes usia 40-an bisa beralih menyerang anak-anak? Menurut Director of the MedStar Diabetes Institute, Michelle f. Magee, hal ini disebabkan karena faktor gaya hidup yang tak sehat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, hingga menyebabkan kelebihan berat badan.

2. Melanoma
Diagnosis awal : Usia 50-an atau lebih
Saat ini : Remaja dan anak usia belasan tahun.

Melanoma adalah sejenis kanker kulit serius. Menurut Journal Cancer Epidemiolgy, peluang tiga kali lebih besar terkena melanoma saat Anda melakukan tanning bed. Tak hanya itu, paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti ini. Oleh karena itu, gunakan pelembab atau sunblock dengan SPF 15 atau SPF 30. Pencegahan dari dalam juga harus kuat, seperti dengan mengonsumsi vitamin D.

3. Stroke
Diagnosis awal : Usai lebih dari 65 tahun
Saat ini : Usia 20-an atau 30-an

Pola hidup tak sehat, dengan mudah mematahkan kesehatan Anda. Kebiasaan merokok, membuka dua kali peluang lebih besar terkena ancaman stroke. Faktor lain yang mempengaruhi lainnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi. Namun risikonya dapat dikurangi dengan mengatur asupan lemak dan garam, makan ikan seminggu dua kali, dan perbanyak latihan.

4. Kanker payudara
Diagnosis awal : Dibawah usia 45 tahun
Saat ini : Remaja

Penyakit sillent killer ini, dipengaruhi oleh faktor keturunan. Akan tetapi dapat pula disebabkan karena faktor gaya hidup tak sehat, seperti kebiasaan merokok, dan lainnya.

5. Pikun
Diagnosis awal : Lebih dari usia 65 tahun
Saat ini : Usia 40-an

Kepikunan atau bahasa medis disebut dengan Alzheimer merupakan penyakit karena minimnya respon otak pada manusia. Umumnya ditandai dengan gangguan daya ingat dan sulit melakukan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, Anda dapat menangkalnya dengan mengonsumsi vitamin D dan berolahraga dengan teratur. (1002)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?49368

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :