KabariNews – Kecuali jika belakangan ini alat-alat komunikasi Anda disetel dalam mode pesawat terbang (Airplane Mode), Anda telah melihat sebuah video yang merekam seorang penumpang diseret keluar oleh penerbangan United Airlines agar tempat duduknya dapat diberikan kepada salah satu karyawan maskapai.

CEO United bahkan membela pengusiran paksa — dan keras —  tersebut, dengan menyatakan bahwa penerbangan itu memiliki hak untuk bumping atau menyingkirkan para penumpang dari pesawat meskipun mereka telah membayar tiket dan menempati tempat duduk mereka. Bagi banyak konsumen, ini merupakan informasi yang mengejutkan mengenai — kurangnya — hak penumpang.

Ada beratus peraturan tertera di dokumen-dokumen yang berbeda yang tidak seorang pun baca. Seperti ponsel Apple Anda saja, bertanya, ‘Apakah Anda setuju dengan syarat dan ketentuan?’ dan itu berupa dokumen sepanjang 60 halaman. Siapa yang akan membaca itu sebelum mereka menekan ‘ya’?

Anda akan menemukan peraturan-peraturan tersebut tertulis di setiap “kontrak pengangkutan” atau “ketentuan pengangkutan.” Beragam isinya untuk setiap maskapai. Berikut adalah beberapa dari banyak peraturan tersebut.

Overselling dan bumping

Pemberlakuan penjualan tiket berlebih yang melampaui jumlah tempat duduk yang tersedia merupakan hal yang legal. Maskapai penerbangan telah diizinkan untuk overbook atau menerima pesanan yang melebihi kapasitas untuk melindungi mereka secara finansial terhadap para penumpang yang tidak datang dan mengklaim pengembalikan uang. Kursi-kursi kosong mengorbankan biaya bagi penerbangan. Maskapai juga dibolehkan untuk melakukan bumping pada penumpang jika terlalu banyak dari mereka yang datang.

Pada kasus terbaru ini, penerbangan tersebut telah penuh terpesan — bukan terjual berlebih — saat empat anggota kru United Airline mencoba untuk pergi ke tujuan mereka dengan melakukan bumping pada penumpang. Biasanya, penerbangan awalnya akan menawarkan imbalan finansial. Mereka bisa menawarkan berapa banyak pun jumlah untuk orang-orang yang bersukarela menyerahkan kursi mereka, bermula dengan, misal, sebuah kupon $ 500 untuk penerbangan yang akan datang.

Di bawah persyaratan negara, penumpang penerbangan domestik yang menyerahkan kursi mereka dengan tidak sukarela bisa mendapatkan hingga $1.350 — dan dalam bentuk tunai. Anda akan berkemungkinan untuk dilakukan bumping secara tidak sukarela jika Anda bukan bagian dari program loyalty maskapai penerbangan tersebut, atau Anda membeli tiket murah dan check in saat dekat waktu lepas landas. Anda tentu bisa ditawarkan lebih dari $1.350 tergantung dari kebijakan masing-masing maskapai.

Dalam kasus United Airline, tawaran United tidak seorang pun ada yang mau mengambil, maka penerbangan itu menunjuk penumpang-penumpang secara acak untuk dilakukan bumping secara tidak sukarela. Satu orang menolak dan kemudian diseret keluar. Sekalinya pilot, pramugari dan pramugara, atau agen pintu gerbang mengatakan bahwa Anda akan disingkirkan dari pesawat, tidak akan diberikan toleransi untuk perlawanan di masa terorisme ini. Seharusnya tidak harus sampai ke situasi seperti itu. Hal tersebut mungkin bisa mengorbankan dua ribu dolar, tapi itu akan menyelamatkan penerbangan dengan puluhan juta dolar dalam penerapan humas yang buruk.

Penerbangan bisa mencegah Anda untuk bepergian dengan pesawat mereka jika apa yang Anda pakai dinilai tidak pantas. United, lagi, membuat berita pada bulan lalu ketika mereka menghentikan dua remaja untuk masuk pesawat karena gadis-gadis itu memakai legging. Gadis-gadis itu hendak terbang dengan jenis tiket untuk para karyawan United dan tanggungannya, tetapi maskapai tersebut memberitahu New York Times bahwa kode berpakaian mereka berlaku untuk semua penumpang.

Ukuran berperan: Seperti pakaian, para staf penerbangan memiliki keleluasaan untuk menentukan jika Anda memakan terlalu banyak tempat dan perlu membeli kursi tambahan.

Barang-barang rusak: Jika Anda menempatkan alat-alat elektronik atau barang berharga lainnya di koper bagasi dan barang-barang tersebut rusak atau hancur saat transit, Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Barang-barang itu tidak dikover oleh asuransi bawaan, dan Anda tidak akan diberikan kompensasi.

Koper hilang: Anda berhak untuk mendapatkan kompensasi jika koper Anda hilang atau rusak. Tapi Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi jika masalah koper ini terjadi pada penerbangan domestik di Amerika Serikat — yang berlaku di bawah regulasi negara.