KabariNews – Memiliki kulit sehat adalah dambaan setiap wanita. Bahkan rela mengeluarkan biaya lebih agar kulit selalu tampak kencang dan bercahaya. Mulai dari berbagai macam pelembab sampai perawatan kecantikan. Jangan lupakan bahwa perawatan dari dalam lebih penting yaitu pola hidup sehat. Mulai dari banyak makan buah, minum air putih dan tidur teratur serta menjaga tidak mudah stres.

Berhati-hatilah saat merawat kulit dengan berbagai produk kecantikan. Perlu kita cermati kandungan kimianya apakah aman dan tepat untuk kulit kita. Agar lebih aman dan menghemat biaya, bagaimana kalau kita mencoba membuat ramuan kecantikan sendiri dengan menggunakan atau mencampur dengan bahan-bahan alami.

FACIAL MIST

Jika kulit kita cenderung berminyak, facial mist atau cairan penyegar yang disemprotkan di wajah ini cocok untuk sehari-hari saat kita merasa wajah mulai kucel dan tampak lelah. Meski cocok untuk kulit yang mudah berminyak, kulit normal dan kering pun dapat memakainya.

Sediakan bunga mawar merah organik dan air sulingan (distilled water). Ambil 7-10 kelopak bunga mawar lalu bersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Lalu masukkan ke dalam panci dan tuangkan air sulingan sampai kelopak mawar terendam semua. Tutup lalu rebus dengan panas sedang. Biarkan sekitar 20 menit sampai kelopak mawar memudar warnanya. Kemudian matikan kompor, dinginkan, buang kelopak mawarnya dan masukkan airnya ke dalam botol semprot. Pilih botol semprot kecil yang praktis dibawa dan dapat masuk ke dalam tas kita. Saat wajah mulai lelah, tinggal ambil dan semprotkan.

FACIAL SCRUB

Membersihkan wajah dengan pembersih saja tak cukup. Seperti melulur badan, wajah kita pun perlu di ‘lulur’ untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati. Lakukan minimal seminggu sekali atau dua kali sebelum mandi. Agar kulit tetap kenyal dan bercahaya, Cara membuat facial scrub ini mudah. Cukup sediakan 2 sendok makan garam laut, 1 sendok makan madu segar (raw honey) dan 1 sendok makan minyak zaitun (olive oil) atau avocado oil. Campurkan ketiga bahan itu dan aduk sampai tercampur rata lalu simpan di dalam wadah tertutup. Sebelum menggunakannya, basahi wajah dengan air hangat, lalu ambil scrub secukupnya, usapkan pada wajah sambil dipijat memutar. Kemudian biarkan sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Saat membersihkan akan lebih baik lagi dengan handuk kecil yang sudah dicelup air hangat. Tekstur dari handuk selain dapat membersihkan lebih seksama juga memiliki efek memijat.

FACIAL CLEANSER

Cairan penyegar wajah ini cocok untuk segala jenis kulit. Tidak seperti produk facial cleanser yang mencantumkan jenis kulit berbeda dalam penggunaannya. Tak perlu ragu untuk menggunakannya setiap hari karena semua dari bahan alami seperti madu, lidah buaya dan minyak zaitun atau minyak jojoba.

Untuk lidah buaya, dapat mengambil lendir dari tanaman lidah buaya segar. Jika susah menemukan tanaman lidah buaya dapat diganti dengan aloe vera gel. Pilih yang natural dan 100% gel. Siapkan ¼ cup lendir lidah buaya, ¼ cup madu segar dan 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak jojoba. Campurkan ketiga bahan itu, aduk dan masukkan ke dalam jar. Jika memakai lidah buaya segar, simpan jar dalam lemari es sehingga tidak membusuk. Kocok jar dulu sebelum mengambil campurannya. Ambil sedikit saja, kemudian usapkan ke wajah sambil dipijat dan biarkan sebentar sebelum dibersihkan dengan handuk kecil yang telah dibasahi.

MASKER WAJAH

Bahan dan cara membuatnya sungguh mudah. Hanya mencampur beberapa buah-buahan lalu oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15-20 menit sebelum dibersihkan. Manfaat masker buah ini adalah untuk membuat wajah lebih segar dan lebih sehat. Masker pertama dapat dibuat dari campuran ½ cup buah pepaya segar dicampur 1 sendok teh madu segar. Campur sampai merata dan lembek. Dapat dibantu menggunakan blender asal jangan sampai mencair. Masker kedua merupakan campuran dari 1 timun dan 1 tomat. Blender tomat sampai lembek. Kupas timun lalu parut. Campur keduanya dan oleskan di wajah. Selamat mencoba, semoga wajah Anda makin cling. (Kabari1004/foto:istimewa)