KabariNews – Perempuan dengan tingkat estrogen tinggi tidak hanya tampil dan merasa lebih cantik, tetapi juga cenderung berselingkuh dengan berpindah dari satu lelaki ke lelaki lainnya, demikian pendapat para pakar AS baru-baru ini.

Estrogen merupakan hormon pada perempuan yang mempengaruhi kesuburan. Kelebihan hormon ini membuat perempuan berpakaian lebih provokatif dan berperilaku lebih nekad.

Dr. Kristina Durante dari Universitas Texas di Austin dan timnya mengungkapkan bahwa perempuan muda merasa lebih atraktif ketika ada estradiol, hormon estrogen tingkat tinggi dan mereka berperilaku menuruti perasaannya.

“Perempuan dengan estradiol tinggi dilaporkan punya kemungkinan lebih besar untuk menggoda, mencium dan berselingkuh dengan lelaki lain, “ begitu ungkap laporan medis dalam Royal Society Journal Biology Letters.

Tim penelitian Dr. Durante menguji 52 mahasiswi berumur 17 sampai 30 tahun dan tidak memakai kontrasepsi hormon. Tim ini mengambil dua sample estradiol dari setiap mahasiswi ini, karena tingkat hormon estrogen naik turun setiap minggunya.

Mahasiswi-mahasiswi dalam penelitian ini diminta untuk menilai daya tarik mereka serta menunjukkan foto mereka agar orang lain bisa menilainya juga.

“Perempuan dengan estradiol tinggi secara signifikan menganggap dirinya lebih atratif secara fisik. Orang lain juga menilai sama, “ demikian kesimpulan riset ini.

Temuan ini sesuai dengan banyak studi lain yang menunjukkan bahwa hormon mempengaruhi perilaku perempuan dan lelaki. Sebelumnya, peneliti AS dan Inggris mengungkapkan bahwa pialang saham dengan jari panjang memiliki hormon testoteron tinggi dan menghasilkan lebih banyak uang. (magenta/ reuters)