Presiden Obama memimpin upacara peringatan 13 tahun tragedi World Trade Center (WTC) di Lapangan Selatan Gedung Putih.  Didampingi Ibu Negara Michelle Obama dan Wakil Presiden Joe Biden, Obama hikmat memimpin upacara mengheningkan cipta peringatan detik-detik dimana pesawat jet pertama yang dibajak teroris menghantam menara WTC di New York

Dalam pidatonya, Obama mengatakan Amerika Serikat Saat ini sudah bangkit dari keterpurukan setelah tragedi 9/11. “Setelah 13 tahun konspirasi penuh kebencian menghancurkan kita. Amerika kini berdiri tegak, Amerika kembali berdiri dengan bangga” kata Obama.

Tak hanya upacara di Gedung Putih, Obama juga memimpin upacara mengheningkan cipta kedua di markas militer Amerika di Pentagon. Ratusan orang tewas ketika pesawat penumpang ketiga yang dibajak teroris menabrak salah satu bagian kompleks Pentagon.

Museum Nasional 11 September

Peringatan ke 13 tahun peristiwa 9/11 juga ditandai dengan pembukaan Museum Nasional 11 September.  Museum dibangun sebagai penghormatan kepada para korban meninggal. Hampir 3000 orang tewas dalam tragedi ini, dan untuk mengenangnya di dalam museum diisi dengan artefak atau peninggalan dan ribuan foto korban. Hampir sama setiap tahun-tahun sebelumnya, seluruh keluarga dan sahabat korban berkumpul untuk berdoa dan membacakan nama-nama keluarga mereka yang tewas.

Upacara peringatan lainnya juga digelar di kota Shanksville, Pennsylvania yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat penumpang keempat yang dibajak teroris. Upacara-upacara peringatan Kamis (9/11) ini berlangsung hanya beberapa jam usai presiden Obama mengumumkan rencana komprehensif untuk melawan teroris yang kini beroprasi di Irak dan Suriah.

Menteri Luar Neger John Kerry, dalam pesan yang dikirimkan kepada para karyawan Departemen Luar Negeri AS, menyebutkan 11 September sebagai ‘the tough day on the calender’ yang tidak akan pernah terlupakan. Kerry juga menyampaikan duka cita ketika serangan teroris serupa dua tahun lalu terjadi atas kompleks konsulat Amerika di Banghazi, Libya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69772

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2