Kuasa Usaha Ad-Interim Amerika Serikat Kristen BauerKuasa Usaha Ad-Interim Amerika Serikat Kristen Bauer dan Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program Community Empowerment of People Against Tuberculosis (CEPAT) di Jakarta (28/1). Melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), program ini mendukung sosialisasi dan perawatan Tuberkulosis (TB) berbasis masyarakat.

“Program CEPAT USAID mendukung organisasi dan masyarakat di Indonesia untuk menanggulangi tuberkulosis dan menyelamatkan jiwa,” demikian kata Bauer.

“Amerika Serikat merasa bangga dapat bermitra dengan Kementerian Kesehatan dan memberikan dukungan kepada program TB. Bersama-sama, kita akan memastikan lebih banyak orang dapat didiagnosis serta lebih banyak lagi pasien yang positif TB mendapat  dukungan untuk menuntaskan pengobatannya” imbuhnya.

Untuk meningkatkan jumlah orang yang dapat melakukan uji laboratorium, kemudian diobati dan sembuh dari TB di Jakarta, Amerika Serikat memberikan bantuan kepada beberapa organisasi  termasuk Jaringan Kesehatan/Kesejahteraan Masyarakat (JKM) di Jakarta. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan acara peluncuran program ini  sekaligus juga menunjukkan dukungan terhadap penanggulangan TB di DKI Jakarta.

Indonesia masih berada di antara lima negara di dunia dengan angka kejadian TB tertinggi. Sekitar 450.000 kasus TB baru dan 65.000 kematian terkait TB terjadi di Indonesia setiap tahun. Strain TB yang kebal terhadap beberapa obat sekarang telah meningkat. Sekitar 30 persen kasus TB di Indonesia tidak terdeteksi dan banyak pasien yang terlambat didiagnosis.

Tahun lalu, USAID memberikan penghargaan atas kepemimpinan Indonesia di tingkat global dalam menanggulangi TB dalam acara yang diselenggarakan di Washington, DC dan Jakarta, serta menyoroti kemajuan Indonesia dalam mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (MDG) di bidang TB.

Program CEPAT bekerjasama dengan masyarakat dan organisasi di Indonesia untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah kumuh perkotaan, para pengungsi dan penduduk yang berpindah tempat tinggal serta orang-orang yang kekebalan tubuhnya menurun karena kurang gizi atau tertular HIV. CEPAT melakukan kegiatannya di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Papua, dan Papua Barat.

Amerika Serikat bermitra dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menurunkan ancaman penyakit menular serta memberikan pelayanan untuk menurunkan jumlah kematian yang bisa dicegah. Dukungan ini merupakan bagian penting dari Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, komitmen yang ditandatangani oleh kedua presiden untuk memperkuat hubungan bilateral.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?61518

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan