Air Kran

Air tak pernah lepas kita gunakan sehari-hari. Kebanyakan air yang kita gunakan berasal dari air tanah atau ada juga yang memilih memakai air PAM. Pengguna air PAM yang notabene masih sangat sedikit dibandingkan dengan pengguna air tanah mungkin bisa merasa lebih aman. Pasalnya, air yang berasal dari  PAM sudah melalui proses pengujian dan pembersihan sehingga lebih aman digunakan.

Berbeda  halnya bagi pengguna air tanah untuk dikonsumsi sehari-hari. Apalagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan diantara pemukiman padat, tempat industri dan banyak pencemaran karena sampah atau penggunaan pestisida berlebihan. Berbagai polusi menurunkan dan bahkan mencemarkan air.

Jadi, jangan buru-buru yakin dengan air tanah yang kita gunakan. Untuk lebih memastikan bagaimana kualitas air yang dipakai di rumah, kita harus membawanya ke tempat pengujian air. Tempat pengujian tersebut terdapat di kampus, pemerintah dan juga swasta. Berikut tempat-tempat pengujian air.

  • PAM Jaya
  • Laboratorium dinas kesehatan di tiap provinsi
  • Laboratorium FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat)
  • Laboratorium Teknik Lingkungan
  • Laboratorium FMIPA bagian Kimia
  • Laboratorium Sucofindo

Secara fisik, air yang sudah tercemar akan terlihat dari ciri-cirinya yakni warnanya sudah berubah keruh, berasa, berbau atau berwarna kekuning-kuningan. Untuk menguji kelayakan air, perlu diperiksakan berdasarkan parameter biologis, kimiawi dan fisik.

Ketiga parameter baik biologis, kimiawi dan fisik perlu diperiksa secara keseluruhan untuk kelayakan konsumsi. Untuk dikonsumsi, biasanya air dididihkan dan proses ini hanya akan menghilangkan pencemaran biologis saja seperti bakteri, parasit atau virus. Sedangkan untuk senyawa kimia tidak akan hilang jika hanya dididihkan saja.

Bagi pengguna air PAM pun terkadang harus menghadapi kualitas air yang buruk. Terkadang di beberapa tempat, masyakarat masih mengeluhkan kualitas air PAM karena keruh dan berbau. Namun, PAM sendiri kerap menanggapi keluhan ini dengan melakukan pengujian kualitas air berdasarkan laporan dari warga. Selain itu PAM Jaya pun menerima masyakat yang datang untuk mengujikan kualitas air tanah di rumahnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58465

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan