KabariNews – Perwakrin NY/NJ/CT Natal Celebration – PERBEDAAN is Diversity! Acara tahunan Perwakrin (Persatuan Warga Kristiani) Indonesia, yang terdiri dari 37+ gereja Katolik dan Kristen warga Indonesia dari New York, New Jersey, dan Connecticut tahun ini serasa sangat berbeda! Selain jumlah partisipasi semakin banyak, padat, dan interaktif, tahun ini tema persatuan dan kesatuan warga Indonesia dari berbagai agama, etnis ras, dan strate ekonomi semakin terasa dekat dan erat. Pertama-tama untuk sajian makanannya tahun ini kelompok Indonesian Food Bazaar yang diketuai oleh Ibu Fefe Anggono langsung turun tangan untuk menyediakan berbagai makanan khas Indonesia dari berbagai daerah.

Uniknya, kali ini ada beberapa vendor Food Bazaar yang Islam (seperti Pecel Ndeso) yang datang secara sukarela dari Phialdephia untuk ikut andil dalam acara ini, menyumbangkan makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kemudian ada special room yang khusus untuk anak-anak muda dalam acara ini. Mereka mendapat menu makanan sehat untuk anak-anak dalam bentuk Chicken Katsu dan macaroni cheese. Selain itu, ada banyak acara kreatif seperti membuat edible gingerbread people atau gingerbread house, atau Christmas decoration house.

Konjen Republik Indonesia New York, Bapak Abulkadir Jailani, membuka pidato dengan kata sambutan “Assalamualaikum” yang beliau jelaskan sebetulnya dianggap sangat universal dan umum, dan bukan menjadi suatu hal milik atau supremasi dari suatu agama atau kelompk etnis tertentu. Beliau menjelaskan tentang asal kata tersebut, yang sebetulnya berasal dari kosakata Yahudi / Hebrew “Shalom Aleichem”, yang sebetulnya bagian dari agama Barat / Abrahamic. Selain itu, beliau memperingatkan bahwa Cinta, Toleransi, dan PERBEDAAN itu adalah Diversity! Cinta (yang akan akhirnya menjadi toleransi dan diversity) hanya bisa terjadi karena satu hal, yaitu adanya perbedaan.

Perbedaan, plurasime, diversity, cinta, dan toleransi adalah suatu rahmat dari Tuhan YME yang harus selalu dirayakan dan dijunjung tinggi. Suatu perayaan Natal yang sangat unik, bersatu, dan tambah mempererat toleransi, persaudaraan, dan kerjasama antar berbagai kalangan Diaspora Indonesia di seluruh tri-state area, dari New York, New Jersey, dan Connecticut. Mari kita simak berbagai cuplikan video peristiwa, wawancara, dan foto-foto dari acara December 2, 2017 dari Manhattan, New York City (Kabarinews – Aryo Wicaksono).”