KabariNews – Yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir juga. Sebuah wadah positif untuk kaum muda bertajuk Asean Youth Creative Industry Fair (AYCIF) akan segera digelar. AYCIF merupakan acara kreatif terbesar yang diadakan untuk anak muda ASEAN dan Jepang khususnya pelaku, pegiat serta apresiator industri kreatif, dimana acara ini para pemuda dapat mendapatkan dan memberikan inspirasi dalam bidang kreatif.

Acara akan digelar selama dua hari di Kota Tua Jakarta (area Museum Sejarah Jakarta) pada tanggal 29 –30 Agustus 2015 pukul 10:00 – 22:00 WIB. AYCIF merupakan persembahkan Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN Secretariat, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, dan UKM Center FEB UI ini tidak hanya menjadi wadah insan muda berkarta tapi juga menjembatani para pelaku usaha muda, penikmat serta pakar industri kreatif.

Acara berskala regional ini baru pertama kali di gelar, dan dengan bangga Jakarta terpilih menjadi tuan rumah. Acara pembukaan akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta pada 28 Agustus 2015.

Pada acara yang digelar dua hari tersebut AYCIF mentargetkan 20.000 pendatang, dimana acara ini tidak hanya memberikan hiburan, tapi juga bisa mengedukasi dan berguna bagi kaum muda. Ratusan booth kreatif anak muda tersedia, diantaranya fesyen, kerajinan, dan kuliner akan memenuhi acara di area Creative Bazaar. AYCIF pun menyuguhkan 10 Creative Seminar (organized by lingkaran.co) dengan pembicara para pakar kreatif seperti Nia Dinata (Produser dan Sutradara Film), Anas Abdul Aziz (Pencipta Kartun Boboiboy, Malaysia), Chanita P (pendiri merek fesyen Senada, Thailand), Pincky Sudarman (Presiden Direktur Alun Alun Indonesia), Nicholas Aroon K (Ketua Singapore Cyber and Online Game Association) dan masih banyak lagi.

Hadir pula fashion show dari 18 desainer muda ASEAN yang terjaring di kompetisi usaha kreatif AYCIF dan desainer-desainer dari sekolah fesyen seperti ESMOD Jakarta, Lasalle Collage, Rafless Design Institute, dan Universias Ciputra turut meramaikan AYCIF di Fashion Dome Musium Seni Rupa dan Keramik. Bagi para pecinta film, AYCIF mengadakan movie screening dari pakar film di Indonesia dan luar negeri. Akan ada pula proses pembuatan kerajinan oleh pengerajin lokal, games trial dari banyak games developers muda ASEAN dan Jepang, serta pagelaran musik dari musisi-musisi muda Tanah Air seperti Neonomora, Elephant Kind, dan Gilbert Pohan. Untuk detail acara bisa diakses melalui www.aseancreativeyouth.org

Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan yang baik untuk industri kreatif anak muda se-ASEAN dan Jepang agar dalam jangka panjang industri kreatif bisa menjadi salah satu unsur penting dalam perekonomian, terlebih Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015. Melihat besarnya skala dan kompleksitas dari acara ini, AYCIF tidak diragukan bisa menjadi momen yang tepat bagi seluruh anak muda agar dapat memperlihatkan dan mengembangkan kemampuannya terutama dalam bidang kewirausahaan di industri kreatif.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79403

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1