KabariNews – Guna memenuhi kebutuhan kebersihan dan sanitasi di masa tanggap darurat, Plan International Indonesia mendistribusikan bantuan non pangan berupa perlengkapan kebersihan dan sanitasi (hygiene kit) bagi para pengungsi Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sebanyak 50 ribu masker, 1600 paket perlengkapan kebersihan dan sanitasi akan didistribusikan mulai Jumat besok, untuk 8.000 pengungsi.

“Bantuan tersebut diprioritaskan bagi keluarga yang memiliki balita, orang lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak,” kata Country Director Plan International Indonesia, Mingming Remata-Evora seperti dikutip dari siaran pers, Kamis, (2/7).

Paket bantuan non pangan itu akan didistribusikan di 4 posko pengungsian, yakni di posko Batu Karang, Tanjung Mbelang, Sempajaya dan Tongkoh. Dari 10 posko yang tersebar, keempat posko itu paling minim fasilitas kebersihan dan sanitasinya.

Aktivitas erupsi Gunung Sinabung yang tak kunjung reda memaksa Pemerintah Kabupaten Karo menetapkan status tanggap darurat sejak 2 Juni 2015 hingga 6 Juli besok. Lebih dari 10 ribu jiwa mengungsi. Dari jumlah tersebut, tercatat 1.744 jiwa yang tergolong kelompok rentan, yakni balita, ibu hamil, ibu menyusui dan orang lanjut usia.

Berdasarkan pantauan staf Plan di lapangan, selain masalah sanitasi dan kesehatan, banyak anak-anak yang merasa jenuh karena sudah lebih dari sebulan berada di pengungsian.

“Aktivitas anak-anak sangat cair dan tidak terstruktur. Tak ada aktivitas main atau belajar bersama yang menyenangkan. Kalau ini berlarut-larut bisa menimbulkan dampak psikologis lebih jauh,” kata Wahyu Kuncoro, Program Manager Pengurangan Risiko Bencana Plan International Indonesia.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda menurunnya aktivitas erupsi Gunung Sinabung. Hujan debu vulkanik masih sering turun dan mengguyur Kota Kabanjahe dan sekitarnya. Keadaan ini memaksa pengungsi bertahan di pengungsian. Warga yang rumahnya berada dalam radius 3 kilometer sudah direlokasi. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78277

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

kabari store pic 1