Pada Rapat Terbatas bersama para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II di kantor pusat Pertamina Persero ( 7/8), presiden berseru dan mengajak seluruh Menteri dan rakyat Indonesia untuk melestarikan khususnya menjaga kekayaan alam Indonesia. SBY mengatakan kekayaan alam Indonesia menjadi incaran banyak negara, seperti disektor mineral dan batu bara (minerba).

“Banyak yang mengincar kepentingan kita itu. Mari kita kelola. Jangan kita tidak mendapatkan manfaat besar di bidang minerba tersebut” tegas presiden.

Presiden juga mengatakan, kerja sama internasional dalam sektor minerba telah terjalin dengan baik dan lazim dilakukan di tengah perekonomian dunia yang telah terinterkonektif. Dan menurutnya ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan Indonesia dengan baik.

Presiden SBY pun mengakui sektor energi merupakan sektor yang amat penting, pasalnya energi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dan untuk menunjang kebutuhan tersebut, pemerintah harus memiliki kebijakan strategis dan program yang tepat untuk mengelola sektor energi tersebut.

“Terlebih saat ini, dimana dengan meningkatnya penduduk dunia sekitar tujuh miliar, maka kebutuhan akan energi pun meningkat signifikan,” katanya.

Presiden mengimbau agar Indonesia bisa mengikuti dinamika dunia, pasalnya faktor geopolitik juga dipengaruhi oleh kompetis sumber daya kehidupan termasuk sumber energi. Menurutnya dengan bisa mengelola sumber energi dengan baik, maka segala sesuatunya akan bisa terkondisikan.

Ia mengingatkan pentingnya mengelola sektor energi dan mineral, di tengah kebutuhan akan energi kian meningkat. “Semakin besar subsidi yang diberikan kepada BBM dan listrik, maka peluang untuk membangun keperluan lain seperti infrastruktur turut berkurang. Kurangnya infrastruktur turut mengganggu investasi,” paparnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?47728

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________________

Supported by :