Jakarta, KabariNews.com – Situasi politik di Mesir yang terus memanas beberapa pekan terakhir ini, memaksa Pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah tegas untuk secepatnya melakukan evakuasi demi menjaga keselamatan warga negara Indonesia di sana.

Berdasarkan data pemerintah, saat ini terdapat sekitar enam ribu warga Indonesia di Mesir.
Untuk itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat memimpin rapat terbatas membentuk satuan tugas untuk proses pemulangan seluruh WNI di sana.
“Saya telah mengambil keputusan, dan telah memberikan instruksi, kepada jajaran pemerintah untuk dijalankan bersama, sebagai berikut: tugas pemerintah adalah untuk, satu, memberikan pengamanan, penyelamatan, dan bantuan logistik bagi WNI yang ada di Mesir. Sedangkan kedua adalah melakukan evakuasi udara dari Mesir untuk kembali ke tanah air,” tegas Presiden saat memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, di Jakarta, Senin (31/01).
Untuk melaksanakan proses evakuasi tersebut, Presiden menunjuk mantan Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda untuk memimpin proses evakuasi .
Hasan Wirajuda yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Mesir diharapkan dapat mempercepat koordinasi dengan pemerintah setempat untuk proses pemulangan WNI.
Selain Hasan Wirajuda, Presiden juga menunjuk Wakil Staff TNI Angkatan Udara, Marsekal Madya Sukirno dalam satuan tugas tersebut.

“ada elemen-elemen yang diperlukan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM untuk imigrasi, dari Kementerian Kesehatan untuk kepentingan perawatan dan pengobatan, dan unsur-unsur lain yang diperlukan untuk kelancaran pengamanan, penyelamatan, dan evakuasi warga negara kita dari Mesir,” imbuh Presiden.
Tampak hadir dalam Rapat terbatas ini Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, serta Menteri Perhubungan Freddy Numberi.
Untuk share atikel ini klik www.KabariNews.com/?36279

Artikel terkait Kemlu Keluarkan Peringatan Untuk WNI di Mesir

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________________

Supported by :