P: Jika saya memutuskan untuk menggunakan jasa pengacara, berapa jumlah yang saya harus bayar?

J: Pada umumnya, pengacara kasus kecelakaan akan mengenakan biayanya setelah Anda menerima uang kompensasi kasus Anda. Pengacara akan mengenakan biayanya sepertiga dari jumlah total pembayaran yang diterima, jika kasusnya selesai tanpa masuk ke lawsuit atau gugatan hukum yang diajukan atas nama Anda. Biasanya pengacara mengenakan biaya 40% jika kasus selesai setelah tuntutan hukum diajukan melalui pengadilan.

P: Apa yang harus saya lakukan kalau saya tidak mendapatkan pengacara?

J: Catat dan simpan dengan baik seluruh dokumen yang Anda miliki. Beberapa dokumen penting bisa Anda dapatkan sendiri, misalnya, laporan polisi dan laporan medis. Kadang, polisi tidak diberitahu mengenai kecelakaan Anda. Anda harus berinisiatif menelepon 911 dan minta mereka datang ke lokasi kecelakaan untuk membuat laporan. Kalau Anda jatuh terpelesat di suatu pertokoan, segera hubungi manager toko untuk membuat laporan kejadian. Jika terluka, tangani dan rawat luka-luka Anda secepatnya. Kadang, Anda harus berinisiatif menelepon 911 untuk bantuan medis. Jika Anda terluka saat bekerja, segera laporkan ke atasan Anda supaya laporan Worker’s Compensation bisa dibuka. Andai luka Anda tidak membutuhkan perawatan gawat darurat, sebaiknya tetap temui dokter secepatnya

Dengan menemui dokter setelah kecelakaan, Anda memastikan bahwa akan ada diagnosa awal. Ini berguna untuk perawatan di masa depan yang mungkin akan Anda butuhkan. Anda harus memberitahu dokter sakit apa saja yang Anda rasakan. Anda harus menceritakan dengan jujur, siapapun yang memberikan laporan palsu mengenai luka-lukanya adalah tindakan kejahatan.

Ikuti anjuran dokter. Jangan gunakan pertimbangan sendiri dibandingkan dengan mereka yang sudah professional
dalam hal medis. Kalau Anda lakukan juga, itu akan digunakan untuk melawan Anda entah itu karena Anda kelebihan perawatan atau kurang perawatan.

P: Apa yang harus saya lakukan jika bertemu dokter?

J: Buat daftar keluhan Anda dan beritahu dokter. Kalau ada yang terasa “tidak benar”, dokter harus mengetahuinya supaya ia dapat memberikan diagnosa yang lengkap. Contohnya, jika terasa nyeri sedikit di jari-jari Anda atau cuma sedikit bunyi di leher Anda, beritahu dokter karena bisa saja itu adalah tanda dari masalah besar di cervical disk. Kalau tidak terdiagnosa dari awal, bisa mengakibatkan operasi besar di leher Anda. Bukan itu saja, asuransi pun kemungkinan tidak mau memberi ganti rugi karena mereka akan membantah bahwa anda membawa sesuatu yang berat, Anda menciderai leher Anda sendiri dan tidak ada hubungannya dengan kecelakaan mobil Anda.

Terakhir, simpanlah semua tanda terima dari resep dokter, brace/penahan leher anda, co-pay, dan lain-lain. Simpanlah kalender, tanggal-tanggal kapan saja anda tidak bekerja, juga daftar kegiatan yang tidak dapat Anda lakukan akibat cidera yang Anda alami.

P: Apa maksudnya menyimpan bukti-bukti?

J: Simpan semua dokumen atau fotolah semua bukti penting yang dapat membantu Anda dalam proses pengadilan. seperti luka-luka di sekujur tubuh Anda. Sebelum perbaiki mobil atau jual, hubungi perusahaan asuransi untuk inspeksi mobil Anda dan mengambil foto-foto kerusakan. Kalau Anda tidak mampu melakukannya, ambil foto sebanyak-banyaknya. Juga, mintalah estimasi biaya perbaikan mobil dari bengkel kalau memungkinkan.

P: Berapa lama untuk mengambil tindakan hukum?

J: Setiap negara bagian memiliki batas waktu dan prosedur persyaratan tertentu. Di California, batas waktu untuk mengajukan klaim kecelakaan atau kematian tidak wajar adalah 2 tahun dari sejak kejadian. Ada pengecualian dari peraturan ini. Kalau kecelakaan atau kematian disebabkan oleh institusi pemerintahan (misal, city, county, CALTRANS, Negara Bagian California, distrik irigasi, distrik pemadam kebakaran, dll), klaim tertulis harus diajukan ke negara, county, atau city clerk, minimal dalam waktu 6 bulan sejak kejadian.

P: Apa yang harus saya katakan kalau perusahaan asuransi atau pihak lawan menelepon saya?

J: Bersikap sopan, namun tolak tawaran untuk berbicara. Pihak adjuster dari perusahaan asuransi adalah perunding yang professional dengan pandai dalam hal intimidasi dan berargumentasi. Dia akan menggunakan berbagai metode psikologis untuk menyelesaikan kasus Anda dengan jumlah dolar yang serendah-rendahnya, termasuk mencegah Anda menggunakan jasa pengacara.

Catat, JANGAN PERNAH memberikan pernyataan lisan atau tulisan kepada asuransi lawan. Kalau tidak, Anda akan menyesal. Claim adjuster sangat piawai menanyakan hal-hal yang justru bisa merugikan Anda. Anda tidak dapat melawan ahlinya di permainan mereka. Jawablah dengan singkat, misal “Thank you for calling but I am not ready to discuss this matter with you right now and would prefer all communications by mail.”

Daftar diatas sepertinya memang banyak sekali untuk diingat, apalagi saat Anda terlibat dalam suatu kecelakaan, tentu sulit bagi Anda untuk berpikir jernih. Sekali lagi, jalan terbaik untuk menangani hal tersebut adalah hubungi seorang pengacara untuk konsultasi secara cuma-cuma. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan biro hukum, biarkan pengacara menangani masalah Anda.

Pertanyaan lebih lanjut bisa Anda tujukan ke kantor kami, Jason Lie Law Office. Silakan hubungi kami dan dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Jason Lie Law Office
3700 Wilshire Blvd, Suite 645
Los Angeles, CA 90010
(213) 382-0033
Email: Jason@liegal.com

(Penulis seorang pengacara berpengalaman, berasal dari Indonesia dan bisa berbahasa Indonesia)