KabariNews – Seiring berjalannya waktu, kepedulian terhadap kesehatan semakin penting. Mengkonsumsi buah dan sayur menjadi pilihan agar tubuh semakin sehat. Salah satu yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin adalah air lemon hangat.  Dokter menyarankan untuk minum air lemon hangat di pagi hari. Caranya, cukup peras ¼ atau ½ lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Air hangat lebih efisien diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan air dingin. Lalu apa saja manfaatnya?

  1.  Sumber vitamin C. Lemon mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin ini merupakan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, menurunkan tekanan darah.
  2. Menyegarkan napas. Lambaikan tangan pada bau mulut dengan minum segelas air lemon hangat di pagi hari dan setelah makan. Lemon diduga mampu merangsang air liur pencegah mulut kering dan bau mulut akibat pertumbuhan bakteri berlebih.
  3. Mengurangi kerutan. Vitamin C dalam lemon diduga dapat membantu mengurangi kerutan kulit. Bahkan menurut sebuah penelitian, mengonsumsi lebih banyak vitamin C mampu mengurangi risiko kulit keriput dan kering.
  4. Mencegah batu ginjal. Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal yang terbentuk dari kalsium. Minum air lemon diduga dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak asam sitrat dan air yang dibutuhkan untuk mencegah pembentukan batu ginjal tersebut.
  5. Membantu pencernaan. Minum air lemon hangat di pagi hari ketika baru bangun diduga dapat membantu gerak sistem pencernaan. Rasa asam lemon mampu membantu sistem pencernaan mencerna makanan dengan mudah dan mencegah penumpukan racun.
  6. Menaikkan jumlah kalium. Tanpa mineral ini, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Kalium atau potassium diperlukan untuk komunikasi saraf-otot, mengangkut nutrisi dan limbah, serta melawan efek garam pada tekanan darah.
  7. Lambung. Penelitian menunjukkan bahwa asam askorbat pada lemon membantu melindungi lambung dari kanker, tukak lambung, dan kerusakan lainnya. (Dessy/Foto:ist)