KabariNews- Tubuh lemas sering kali menjadi alasan orang yang sedang berpuasa untuk malas beraktivitas. Ingin tetap segar dan kuat seharian selama berpuasa? Intip yuk rahasia agar tetap prima dalam berkerja meski berpuasa :

Saat sahur, pola makan sehat menujang aktivitas seharian. Mulailah dengan makan sahur yang sehat dan kaya nutrisi. Perbanyak makanan yang mengadung protein, vitamin A, B dan C juga serat. Jangan lupa makanan yang mengandung karbohidrat. Asupan buah, sayur, dan air putih yang banyak saat sahur menjadikan tubuh lebih bugar dan bisa beraktivitas normal. Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula, pasalnya kandungan glukosa berlebih dapat memicu tubuh memproduksi insulin sehingga menimbulkan rasa lapar, lemas dan lesu.

Buat daftar kerja bisa membantu Anda tetap produktif meskipun dalam keadaan lapar dan dahaga. Buatlah daftar pekerjaan yang harus didahulukan, kerjakan yang penting pada pagi hari dimana Anda masih dalam kondisi bugar. Atau mungkin pekerjaan yang dirasa berat bisa dikerjakan lebih dahulu. Pada pagi hari tentu tubuh masih berenergi pekerjaan berat  pun akan lebih mudah diselesaikan. Untuk menjaga produktivitas bekerja istirahat sangat perlu dilakukan. Meskipun sebentar, usahakan Anda bisa beristirahat. Usai sholat misalnya, Anda bisa mengumpulkan kembali energi dengan tidur siang atau melepas penat dengan keluar dari kantor untuk sesaat. Bercanda ringan dengan teman sekerja pun bisa dilakukan untuk menyegarkan tubuh.

Tubuh lemas seperti kekurangan energi, kantuk,¬† tidak hanya dirasakan oleh Anda saja, karena hampir semua orang berpuasa pernah merasakan hal serupa. Untuk itu imbangi dengan asupan sehat. Saat berbuka, jangan lantas ‘balas dendam’. Konsumsi asupan yang bermanfaat bagi tubuh untuk me-recharge energi Anda.

Lemas dan lesu bukan alasan untuk Anda tidak menyelesaikan tanggung jawab dalam pekerjaan. Selamat berpuasa. (1011)