KabariNews – Tahun 2016 menjadi awal yang menggembirakan bagi Indonesia, terutama sektor pariwisata. Bagaimana tidak, di penghujung tahun kemarin, Raja Ampat dan Taman Nasional Pulau Komodo dinobatkan sebagai destinasi menyelam terbaik di dunia atau World’s Best Snorkeling Destinations berdasarkan survei CNN pada Desember 2015.

CNN ( Cable News Network) edisi internasional terbit akhir 2015 melibatkan sejumlah ahli maritim yang diminta untuk menyebutkan beberapa tempat favorit mereka untuk melakukan snorkel. Jawaban responden cukup mengejutkan, dalam rangkuman tulisan berjudul ‘11 destinasi snorkeling terbaik dunia’. Raja Ampat dan Pulau Komodo bersanding di posisi pertama dan kedua sebagai destinasi menyelam terbaik dunia.

Pakar kelautan mengungkapkan bahwa, kekayaan bawah laut Raja Ampat sulit untuk ditandingi. Wilayah perairan Raja Ampat memiliki konsentrasi kehidupan laut terbesar di dunia. Sekitar 75 persen karang dunia juga terdapat di Raja Ampat. Wow! Di pulau yang belum terjamah banyak orang ini juga disebutkan sebagai tempat menyelam yang luar biasa. Lebih dari 10 ribu spesies ikan, kura-kura, ikan hiu dan manta bisa ditemukan di Raja Ampat.

Pulau komodo ( foto : pulaukomodo.com)Tak kalah Indahnya dengan Raja Ampat, Taman Nasional Pulau Komodo juga akan memberikan kesan tersendiri bagi para penyelam. Sebagai situs warisan dunia lebih dari 30 tahun, terumbu karang dan biota laut di Pulau Komodo sangat terpelihara dengan baik. Disebutkan dalam situs CNN, berkat air dingin yang berasal dari Samudera Hindia, perairan ini kaya akan makanan dan nutrisi bawah laut.

“Anda benar-benar akan tahu ada bagian yang berbeda dari dunia ketika Anda berada di Pulau Komodo” kata ahli biologi maritim sekaligus selam Lee Goldman of Coral Triangle Adventure seperti dilansir CNN.

Berikut 11 destinasi menyelam terbaik di dunia versi CNN

  1. Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia
  2. Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  3. Kepulauan Gapagos, Ekuador
  4. Coral Triangles, Asia Pasifik
  5. Filiphina
  6. Silver Bank, Republik Dominika
  7. Palau, Micronasia
  8. Greet Barrier Reef, Australia
  9. Pulau Salomon
  10. Isla Holbox, Maxico
  11. Kealekakua Bay, Big Island, Hawaii