Salah satu cara untuk melestarikan budaya nasional adalah mengenalkannya kepada kepada generasi muda. Pasalnya ditangan merekalah kebudayaan atau kekayaan nasional akan diwariskan.

Di Semarang, Jawa Tengah, ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dilatih membatik sebagai salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Pelatihan tersebut dimulai dengan workshop yang bertajuk “Pembuatan Batik Tulis SMP-SMA” yaitu dimana mereka dikenalkan sejarah batik sampai langkah membuat batik. Mereka pun diajak untuk langsung mempraktekan membuat batik.

Pelatihan ini diprakarsai oleh SMP dan SMA Semesta Semarang, menurut Pembina OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Ahmad Bernadi, kegiatan ini merupakan langkah mengenalkan kebudayaan tradisional kepada siswa.

“Selama ini, siswa mungkin hanya mengerti batik sebatas baju. Padahal, batik lebih dari sekedar itu, ada proses panjang dalam membuatnya yang belum banyak diketahui” paparnya yang juga guru pelajaran ekonomi.

Ahmad menjelaskan, sebagai warisan budaya leluhur batik harus terus dilestarikan, salah satunya dengan mengenalkan kepada para generasi muda, tentang makna dan nilai penting batik mulai dari proses, bukan sekedar berupa baju batik.

“Peserta berjumlah 100 orang. Kegiatan membatik ini juga untuk menyiapkan siswa mengikuti Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia pada Maret Mendatang,”imbuhnya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37783

Untuk melihat artikel Seni lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :