Natal telah tiba, bermacam persiapan pastinya sudah dilakukan untuk menyambut kedamaian Natal, termasuk aneka kue kering untuk suguhan. Natal kali ini cobalah untuk berhemat dengan membuat aneka suguhan kering dari dapur sendiri. Mudah cara membuatnya, Anda pun bisa.

Bola-bola Kacang

Sangat mudah membuat kue kering ini, bahannya adalah, 120 gram mentega tawar, 70 gram brow sugar, 30 gram gula pasir, 1 kuning telur ayam, ½ sendok teh vanili bubuk, 200 gram tepung terigu (ayak), 1 butir telur ayam (kocok lepas), 200 gram kacang mete (sangrai, cincang kasar). Cara membuatnya, siapkan loyang datar ukuran 30x30x3 cm, olesi dengan mentega hingga rata, sisihkan. Kocok mentega, brown sugar, gula pasir, kuning telur dan vanili hingga lembut dan rata. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. Kemudian bagi adonan menjadi 5 bagian. Pulung masing-masing bagian hingga berbentuk panjang berdiameter 2 cm, potong melintang menjadi beberapa bagian lalu bentuk bulat-bulat. Celupkan ke dalam putih telur, lalu gulingkan di atas kacang hingga menempel rata. Atur diatas loyang. Panggan dalam oven panas bersuhu 140 derajat Celsius selama 20 menit hingga matang, angkat. Simpan dalam toples dan sajikan untuk tamu istimewa.

Kue Durian

Anda suka makan durian? Pasti juga suka dengan kue isi durian ini, sangat mudah membuatnya. Bahan yang diperlukan, 150 gram mentega tawar, 75 gram gula bubuk, 2 kuning telur ayam, 1 putih telur ayam. Bahan tepung yang diayak, 200 gram tepung terigu ditambah dengan 2 sendok makan susu bubuk, campur rata. Untuk isinya, siapkan 250 gram buah durian dan 100 gram gula pasir. Agar tampak sempurna dan lezat, siapkan juga 1 kuning telur ayam yang sudah dikocok lepas, untuk olesan diatasnya saat dipanggang. Cara membuatnya, siapkan loyang datar ukuran 30x30x3cm, olesi dengan mentega hingga rata, sisihkan. Kocok mentega, gula dan telur hingga lembut. Masukkan sedikit demi sedikit ayakan tepung terigu sambil terus diaduk perlahan hingga merata, dan uleni sampai kalis. Tipiskan adonan hingga setebal 3mm. potong bulat sampai adonan habis. Untuk mengisinya, ambil satu potongan adonan, lalu letakkan 1 sendok teh sale buah durian ditengahnya. Lipat kedua sisi ke arah tengah hingga membentuk seperti lonceng. Lakukan hingga adonan habis. Atur di atas loyang lalu panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat Celsius selama 20 menit hingga matang. Angkat dan simpan dalam toples.

Kue Kering Kelapa Keju

Bahan yang dibutuhkan, 280 gram sagu (sangrai selama 5 menit lalu ayak bersama ½ sdt baking powder), 125 gram margarin, 100 ml susu kental manis, 60 gram gula pasir halus, 100 gram kelapa parut sangrai, 150 gram keju parut. Cara membuatnya, kocok margarin bersama susu kental manis dan gula pasir sampai halus dan lembut. Tambahkan telur lalu kocok kembali. Masukkan tepung sagu, kelapa parut, dan keju parut, aduk rata. Giling adonan setebal 0,4 mm lalu cetak bentuk bunga atau disesuaikan dengan selera Anda, masukan dalam oven dan panggang dengan suhu 160 derajat Celsius selama 20 menit. Angkat dan simpan dalam toples.

Sus Keju

Bahan yang dibutuhkan, 225 ml air, 100 gram margarine, 110 gram tepung terigu, 189 gram telur, ½ sendok teh baking powder, 75 gram keju (parut halus). Cara membuatnya, didihkan air dan margarin dengan api kecil. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, angkat dan biarkan hangat. Olesi loyang dengan margarine, sisihkan. Tambahkan adonan tadi dengan telur, baking powder, dan keju, kocok rata kembali. Jika semua adonan sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, pasang spuit kerang. Semprotkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 20 menit, lalu turunkan suhu menjadi 160 derajat dan lanjutkan memanggang sus keju hingga kering dan matang selama 20 menit. Angkat dan simpan dalam toples.

Biji Ketapang

Kue yang satu ini biasa dibuat saat perayaan, rasanya renyah dan enak. Cara membuatnya juga mudah. Bahan, 500 gram tepung terigu, 2 sendok teh baking powder, 200 ml santan kental, 100 gram wijen putih, 150 gram gula pasir, 1 sendok teh garam, 2 butir telur, minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Cara membuatnya, siapkan tepung terigu, baking powder, gula pasir, garam lalu masukkan dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Tambahkan telur, aduk kembali. Baru kemudian masukkan santan secara perlahan sambil terus diuleni hingga adonan kalis. Tambahkan wijen kemudian uleni lagi. Ambil sedikit adonan, pipihkan hingga tebalnya kira-kira ½ centimeter. Potong serong dan goreng hingga kering kecolekatan.

Kacang Pedas

Sajian kue manis sudah biasa, bagaimana kalau mencoba yang berasa pedas. Kali ini resepnya kacang pedas yang bisa disajikan untuk tamu istimewa. Bahan yang dibutuhkan, 500 gram kacang tanah, minyak goreng secukupnya, 250 gram gula pasir halus, 3 sendok makan air asam Jawa. Untuk bumbu yang dihaluskan, 6 buah cabai merah besar, 5 buah cabai rawit, 4 siung bawang putih, garam secukupnya. Cara membuatnya, pertama goreng kacang tanah hingga matang, sisihkan. Panaskan wajan, masukan gula pasir, air asam Jawa dan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga mengental, baru kemudian masukkan kacang. Matikan api, aduk-aduk kacang hingga merata terlapisi bumbu. Biarkan dingin dan simpan dalam toples.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50797

Untuk melihat artikel Resep Indonesia lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

About The Author