Udang tak hanya enak digoreng, udang juga bisa diolah menjadi beberapa masakan lezat. Ditumis lebih mudah dan cepat, dimasak kuah seperti soto juga segar. Tinggal pilih mana yang disukai.

Udang Goreng Tepung

Udang goreng banyak digemari anak-anak, sajian ini juga bisa untuk bekal makan siang. Cara membuatnya mudah, tinggal celup terus goreng. Bahan yang dibutuhkan, 750 gram udang ukuran besar (buang kepala dan kulitnya, boleh sisakan bagian ekor), 400 gram tepung terigu, 350 gram tepung panir atau tepung roti, 3 siung bawang putih (haluskan), 2 butir putih telur (kocok lepas), merica dan garam secukupnya, minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya, pertama cuci bersih lalu lumuri udang dengan garam dan merica, diamkan selama 10 menit agar meresap. Campur tepung terigu, bawang putih dan sedikit garam, aduk rata. Balurkan campuran tepung pada udang, lalu celupkan udang pada kocokan putih telur, berikutnya gulingkan pada tepung roti. Goreng udang sampai kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. sajikan hangat dengan saus, bisa juga untuk lauk pauk.

Sup Udang Tahu

Bosan dengan sup yang itu-itu saja, kreasikan dengan udang. Caranya mudah, rasanya juga tidak kalah enak. Bahan yang dibutuhkan 350 gram udang (cincang kasar), 2 buah tahu sutera atau tahu (potong menurut selera), 4 siung bawang putih (cincang kasar), 2 buah cabai (potong kasar), 3 cm jahe (iris halus), 1 sendok makan kecap ikan, garam, gula, dan merica secukupnya. Siapkan juga kaldu ayam sebanyak 1000 ml, 4 sendok makan tepung sagu (larutkan dengan 4 sendok makan air), 1 butir telur (kocok lepas), 2 batang daun bawang (iris halus), 1 sendok teh minyak wijen, 2 sendok makan minyak untuk menumis. Cara membuatnya, panaskan minyak. Tumis bawang putih, cabai merah, jahe, masak sampai harum. Masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna. Tambahkan kecap ikan, garam, merica, dan gula pasir. Tuangkan kaldu ayam, aduk sampai mendidih. Masukkan larutan tepung sagu, aduk sampai meletup-letup. Masukkan kocokan telur sambil terus diaduk, baru masukkan tahu dan daun bawang, masak sampai matang. Sesaat sebelum api dimatikan, tuangi minyak wijen agar rasanya lebih mantap. Sajikan hangat dalam mangkuk.

 

 

Udang Asam Pedas

Menu ini sangat mudah dibuat, rasanya enak dan masakan ini cocok untuk Anda yang tidak punya banyak waktu di dapur. Apalagi para pecinta pedas, udah asam pedas patut dicoba. Bahan yang dibutuhkan, 500 gram udang ukuran besar, 100 gram cabai merah (boleh dikurangi jika tidak terlalu suka pedas), 5 butir bawang merah, 1 buah tomat iris kasar, garam secukupnya, jika ingin lebih sedap boleh ditambahkan gula pasir sedikit, 2 sendok makan jeruk nipis, minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya, pertama cuci bersih udang, buang kepalanya, gurat punggungnya dan keluarkan kotorannya. Goreng udang dengan minyak agak banyak, angkat dan tiriskan. Uleg kasar cabai dan bawang merah, tambahkan dengan irisan tomat, lalu tumis sampai harum. Bubuhi air jeruk, masukkan udang goreng, ratakan sampai semua udang terbalut bumbu. Angkat dan sajikan.

Soto Mi Udang

Ingin makan yang segar-segar, soto mi udang bisa jadi pilihan. Rasa pedas, asam dan gurihnya menambah napsu makan. Bahan yang dibutuhkan, 250 gram mi telor (seduh), 250 gram udang ukuran sedang (kupas), 150 gram tauge, 2 butir telur rebus, 8 buah tahu (gunakan tahu kulit kosong), 5 sendok makan bubuk kerupuk ( kerupuk udang yang telah digoreng dan dihaluskan), bawang goreng dan daun bawang secukupnya, 1 liter kaldu udang ( air +kulit udang yang direbus dengan api kecil), minyak secukupnya untuk menumis. Untuk bumbu-bumbu yang dihaluskan dibutuhkan bahan seperti 4 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 butir kemiri, 1 sendok makan ketumbar halus, 3 cm kunyit, 3 cm jahe, garam secukupnya. Cara membuatnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang, baru kemudian masukkan udang, tumis hingga udang berubah warna. Rebus kaldu hingga mendidih, kemudian masukkan tumisan bumbu dan udang ke dalamnya, masak hingga matang. Letakkan mi telur dalam mangkuk, tambahkan tauge, potongan tahu, udang, bubuk kerupuk, bawang goreng dan irisan daun bawang. Tuangi dengan kuah soto. Sajikan panas. Biar lebih mantap lagi, tambahkan perasan jeruk nipis atau cuka dan sambal. Selamat mencoba. (1001)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53591

Untuk melihat artikel Resep Indonesia lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.


enam − = 1