KabariNews – Puding biasanya disajikan untuk menu penutup setelah makan menu utama. Selain itu puding juga bisa jadi camilan yang mengenyangkan. Rasanya yang manis dan aneka rasa membuat panganan yang berbahan dasar agar-agar ini disukai banyak kalangan. Tua muda suka dengan puding karena rasanya enak dan segar. Buat puding untuk sajian istimewa keluarga yuk. Berikut ini ada beberapa resep puding yang mudah dan bisa dipraktekan di rumah.

Puding Jagung

puding jaggungPuding jagung cukup digemari karena rasanya cukup unik dan khas. Puding ini sehat dan baik untuk anak-anak. Bahan yang dibutuhkan, 200 gram jagung manis (haluskan/blender hingga lembut), 100 ml air, 150 ml susu, 150 ml santan, 1 bungkus agar-agar bening, 1 sendok makan perasa vanilla, 7 sendok makan gula pasir. Cara membuatnya, siapkan cetakan lalu basahi agar puding mudah dikeluarkan saat sudah dingin. Hasil blenderan jagung dicampur dengan air, susu, santan. Panaskan di atas api sedang. Cairkan agar-agar dengan sedikit air, lalu masukkan. Tambahkan dengan gula pasir dan vanili, aduk rata. Biarkan sampai mendidih, sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Jika sudah matang, tuangkan dalam cetakan, lalu biarkan dingin, baru kemudian masukkan ke dalam lemari es agar lebih cepat mengeras. Setelah dingin dan mengeras, potong-potong puding, lalu sajikan.

Puding Roti Keju

koleksi_resep_anthy IGPuding roti keju sangat disukai anak-anak. Cara membuatnya mudah dan cepat. Bahan yang dibutuhkan 2 lembar roti tawar (cacah kasar), 75 ml susu tawar, 1 butir telur, 2 sendok teh gula pasir/ gula palem, 2 sendok teh kacang/ meises, 50 gram keju (potong dadu). Cara membuatnya, kocok telur dengan susu. Campurkan roti dengan gula pasir/palem, keju, kacang/meises, tuang ke dalam kocokan telur dan susu. Tuangkan adonan puding pada gelas atau mangkuk kecil tahan panas. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Sajikan dingin atau hangat.

catatan: saat mengukus, panci kukusan ditutup menggunakan kertas aluminium atau diikat menggunakan serbet agar air hasil penguapan tidak menetes ke olahan makanan yang sedang dikukus.

Puding Cokelat Lapis

Kuliner123ComMembuat puding berlapis sangat mudah, bahannya juga sederhana dan bisa dicoba di dapur sendiri. Bahan-bahannya yaitu 2 bungkus agar-agar tanpa warna, 2 butir kuning telur (kocok lepas), 1500 ml susu cair putih, 250 gram gula pasir, ½ sendok teh vanila bubuk, 2 sendok makan pasta cokelat atau sesuai selera. Cara membuatnya, langkah pertama campur susu, agar-agar dan gula pasir, masak sampai mendidih. Kocok kuning telur, vanilla bubuk, lalu tuang pada rebusan agar-agar, aduk rata sampai mendidih. Setelah diangkat, bagi adonan menjadi dua bagian, lalu beri cokelat pasti di satu bagian adonan, aduk rata. Siapkan cetakan yang sebelumnya sudah diolesi air, lalu tuangkan setengah bagian adonan warna cokelat, tunggu sampai sedikit mengeras, kemudian tuangkan setengah bagian warna putih. Lakukan langkah tersebut pada sisa adonan agar-agar cokelat dan agar-agar putih. Setelah dituang bersusun, biarkan puding dalam cetakan dingin, baru sempurnakan dengan menaruhnya di lemari es. Setelah dingin dan keras (menyatu) baru keluarkan puding dari cetakan dan puding siap dihidangkan.

Puding Sutera Buah

Ika 2204 igPuding sutera teksturnya lebih terasa lembut dari puding biasanya. Cobain yuk. Bahan yang dibutuhkan, 1 bungkus
agar-agar tanpa warna, 1 kaleng susu kental manis, 4 gelas air, ½ sendok teh vanili bubuk, garam secukupnya, 1 kaleng buah-buahan siap pakai atau boleh menggantinya dengan buah segar sesuai selera. Cara membuatnya, campur agar-agar dengan air, susu, vanili bubuk dan sedikit garam, aduk sampai rata dan mendidih. Setelah adonan mendidih, diamkan sampai uap panasnya menghilang. Tuang adonan puding dalam cup atau gelas kecil, tunggu sampai dingin dan setengah padat, baru kemudian tata buah-buahan di atasnya. Puding sutera buah siap dinikmati.

Puding Kopi

bawarchSuka minum kopi? Tertarik dengan rasa kopi yang dihadirkan pada puding, ini dia resepnya. Bahan, 100 cc susu cair, 140 gram gula pasir, 1 bungkus agar-agar tanpa warna, 1 sendok makan kopi instan, garam dan vanili bubuk secukupnya, 2 butir kuning telur (kocok lepas). Cara membuatnya, masak semua bahan, sampai mendidih. Tuangi dalam gelas-gelas kecil dan biarkan membeku. Puding kopi siap dihidangkan sebagai hidangan pengganti kopi seduhan.

Puding Karamel

elvierakartini.blogspotCoIdPuding juga dapat dikreasikan dengan campuran karamel. Selain tampilannya menarik rasanya juga pasti disukai. Bahan yang diperlukan, 1 bungkus agar-agar, 2 sendok makan susu kental manis, 100 gram gula, 200 ml air.
Bahan untuk membuat karamel dibutuhkan 5 sendok makan gula . Cara membuat karamel, didihkan sedikit air, lalu masukkan gula. Tunggu sampai gula larut dan mengental, sisihkan. Cara membuat puding, didihkan air, masukkan agar-agar dan susu kental manis. Aduk sampai mendidih. Siapkan loyang atau cetakan, tuang karamel, lalu selingi dengan agar-agar di atasnya. Dinginkan atau masukkan dalam lemari es. Setelah beku, puding karamel siap disantap. (1001)