Sebanyak 30 ribu buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demontrasi hari ini (6/2) di Jakarta. Bahkan tidak hanya di Ibu Kota saja, aksi demontrasi juga akan dilaksanakan di kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, Aceh dan Makassar.

Khusus di Jakarta, aksi demo dimulai pukul 10.00 WIB di Bundaran Hotel Indonesia. Ribuan buruh akan melakukan long march ke Istana Presiden, lalu ke Gedung DPR RI di Jalan Gatot Subroto.  Ribuan buruh menuntut jamsostum atau jaminan sosial dan tolak upah murah, yaitu menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014, menjalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015, pemberian upah layak berdasarkan 84 item komponen hidup layak (KLH), serta menolak pengangguhan upah minimum.

Tak hanya ribuan buruh, Serikat Pengemudi Angkutan Bermotor Seluruh Indonesia juga melakukan aksi damai di Balaikota Jakarta dan Gedung DPRD DKI Jakarta. Sekitar 2.000 bajaj akan digunakan untuk  dikerahkan.

Untuk mengamankan aksi unjuk rasa buruh, sekitar 17.268 personel kemanan gabungan  dari anggota TNI, Pemerintah Daerah dan juga Brimob dikerahkan. Polisi  juga menghimbau warga untuk menghindari lokasi kemacetan akibat demo buruh hari ini di sekitar Jl Thamrin, Jl Gatot Subroto, sekitar Bundaran HI dan Semanggi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52514

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :