KabariNews – Minggu, (9/10) Sungai Complong Kejayan, Kabupaten Pasuruan menjadi pusat perhatian ribuan wisatawan, baik dari dalam kota maupun luar kota. Bahkan, ada puluhan wisatawan dari mancanegara yang ikut larut dalam suasana kemeriahan penonton. Sungai yang terletak di jalur antara Pasuruan-Malang ini menjadi pusat perhatian dengan parade busananya yang di kemas dalam Carnival On The River 2016.

Di tahun ketujuh penyelenggaraanya, karnaval air kebanggan Kota Pasuruan ini jadi acara yang sangat dinantikan pengunjung, tak hanya tertarik dengan rangkaian acara yang digelar, Carnival On The River 2016 juga mengedepankan kampanye cinta lingkungan. Hampir semua penonton antusias menyaksikan parade ini. Kendati pelaksanaannya sempat molor dua jam dari jadwal yang ditentukan pun tidak menyurutkan antusias penonton,  Meski harus menunggu lama di bibir sungai, penonton tetap mengaku terhibur.

“Terus terang dengan adanya parade ini, saya beserta keluarga sangat terhibur. Walaupun dua jam lamanya saya menunggu acara dimulai. Ini yang kedua kalinya saya menyaksikannya Carnival On The River” kata Mugianto, salah seorang penonton dari Kanigoro, Blitar.

Penonton terhipnotis oleh penampilan peserta yang ekspresif dan atraktif menggunakan busana berbagai model corak budaya dan etnis yang tergambar pada busana yang dipakai peserta. Para peserta karnaval menunjukan kebolehannya diatas perahu yang dihiasi berbagai macam aksesoris hingga mengundang decak kagum penonton.

Hal senada juga dikatakan oleh Muhammad Nur, warga kota Malang yang menonton saat melintas dengan kendaraannya yang hendak menuju ke Bali. “Ini unik sekali. Biasanya acara semacam ini berada di atas panggung atau di jalan, namun sekarang saya melihat sendiri karnaval yang diadakan di sungai. Saya baru pertama kalinya melihat semacam ini. Karena unik, saya sengaja berhenti untuk melihat atraksi ini” katanya.

Kemeriahan semakin bertambah, saat peserta karnaval yang merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Pasuruan, menebarkan senyum dan melambaikan tangannya sekaligus untuk menebarkan pesona dengan memamerkan busana kreatif mereka.

Tahun ini Carnival On The River mengambil tema “Indonesia Cantik”, yakni mengangkat batik jumput dan mengeksplore budaya bangsa. “Kami ingin menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia kaya akan ragam budayanya” papar Ketua Panitia, Edi Santoso.

Sementara itu Bupati Kabupaten Pasuruan HM. Irsyad Yusuf menyatakan, kegiatan ini dapat merangsang kreativitas dan menumbuhkan kecintaan, yakni kecintaan akan sungai di sekitar lingkungannya. Selain itu sebagai ajang pariwisata di Kabupaten Pasuruan.

Irsyad Yusuf mengapresiasi kepada SMA 1 Kejayaan yang telah berinovasi  menggelar acara ini. Irsyad Yusuf juga berharap, agar gelaran semacam ini dapat terus berlangsung dan di tingkatkan menjadi gelaran tingkat nasional. (Yan-Jatim/foto dok. SMA 1 Kejayaan)