102-3

Kebutuhan yang kian hari semakin tidak menentu tentunya akan membuat setiap orang harus pandai-pandai dalam hal cara mengatur keuangan. Sebagai wanita sekaligus ibu rumah tangga, mungkin bisa dikatakan lebih teliti ketimbang pria, sehingga harus mampu menyiasati segala pengeluaran rumah tangga.

Cara mengatur keuangan yang baik bukan hanya diwajibkan bagi ibu rumah tangga saja tapi wanita muda pun harus menyadari hal ini.

Terkadang, mereka yang masih lajang belum terpikir atau bahkan lalai memikirkan ‘bekal’ untuk masa depan. Misalnya, jadi konsumtif ketika memegang uang, lalu membeli segala yang diinginkan. Sebenarnya sifat ini tidak salah, tapi harus diingat, uang juga perlu dikelola dengan baik agar segala kebutuhan terpenuhi, termasuk tabungan.

Belanja memang tidak dapat dipisahkan dari wanita, terlebih jika sedang banyak diskon dan promo diberbagai pusat perbelanjaan. Kebiasaan ‘lapar mata’ (membeli barang yang belum perlu) juga cukup menguras dompet, Jika hal tesebut dilakukan terus, waspdailah Anda bisa mengalami masalah keuangan.

RK 2

Hematlah sebelum Anda terpuruk. Begitulah pedoman hidup bijak jika Anda menginginkan kelancaran dalam berkeuangan. Bagi Ibu rumah tangga yang sering menghabiskan uang belanja, sebaiknya hentikan kebiasan itu jika tidak ingin mengalami masalah keuangan.

Periksa daftar kebutuhan dan mulailah pilih keperluan yang harus diproritaskan. Jangan lakukan pemborosan dengan berbelanja yang tidak begitu penting. Kurangi keinginan belanja Anda dengan mengontol keuangan secara periodik, misalnya seminggu sekali belanja untuk kebutuhan dapur dengan budget yang sudah ditentukan.

Selalu cermat dalam mengatur pengeluaran maka sangat mungkin Anda bisa terhindar dari kesulitan keuangan. Wanita wajib tahu bagaimana cara mengatur keuangan, karena kebiasaan ini dapat bermanfaat hingga hari tua.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67006

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis