Mencari ide untuk berkebun atau sekadar menanam tanaman hias, tapi pekarangan minim? Tak perlu risau, minimnya lahan pekarangan kini bisa disiasati dengan berbagai cara. Mulai dari tambulampot atau tanaman buah dalam pot, taman vertikal, dan ada juga yang tak kalah menarik yakni rumah atap sayur. Apa yang dimaksud dengan rumah atap sayur?

Rumah atap sayur memiliki konsep green rooftop alias atap rumah hijau. Namun, tanaman yang dipilih adalah sayur-sayuran atau buah-buahan. Berkebun sangat mungkin dan mudah dilakukan bahkan di pemukiman di tengah-tengah perkotaan. Ayo kita berkebun.

Rumah Atap Sayur Pancoran

Ingin melihat rumah dengan atap dipenuhi tanaman sayuran di Indonesia? Tengok saja ke kelurahan Pancoran Jakarta Selatan. Warga RW 04 kelurahan Pancoran, menanami atap rumah mereka dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Mulai dari pepaya, timun, kemangi, sawi, kacang panjang, bayam rambat, timun, labu. Atap rumah di sana menjadi hijau, bermanfaat dan sejuk dipandang mata.

Warga yang berinisiatif menanami atap mereka dengan sayur bermula dari himbauan pemerintah. Pekarangan warga harus bisa dimanfaatkan dengan penghijauan tanaman berupa sayur-sayuran, tanaman obat-obatan dan buah-buahan. Warga yang tidak memiliki lahan memadai, memilih untuk menggunakan atap rumahnya. Apa yang warga RW 04 lakukan ini dinamakan dengan rutapyur atau rumah atap sayur.

Warga sendiri mengakui mendapatkan banyak manfaat dari rutapyur ini. Rumah mereka menjadi lebih sejuk dan menyehatkan, serta lingkungan menjadi asri. Mereka pun dapat langsung memetik sayuran untuk dimasak. Tentu lebih sehat dan segar. Keberhasilan proyek rutapyur di RW 04 kini dijadikan proyek percontohan bagi PKK di wilayah lainnya.

Cara Membuat Rumah Atap Sayur

Atap rumah genteng biasa pun bisa dijadikan lahan penghijauan untuk tanaman-tamanan yang pendek dan merambat. Di luar negeri hal ini sudah lebih dulu dikenal dan berkembang. Mereka menanami genteng atap rumah mereka dengan berbagai tanaman hias dan juga rumput. Jadilah rumah mereka tampak hijau dan asri.

Untuk tanaman sayuran dan pohon yang membutuhkan tanah yang lebih banyak dan penyangga yang kokoh, dibutuhkan atap yang sudah di dak beton. Di atas dak beton, tanaman bisa langsung ditanami di atas lapisan-lapisan yang dibuat khusus. Agar lebih mudah, bisa dibuat kotak-kotak berisi tanah sesuai yang dibutuhkan. Selain itu bisa juga menggunakan pot, atau drum bekas sebagai tempat untuk menanam.

Untuk atap tanaman, sebaiknya dilindungi atap sebagai pengontrol air dan cahaya matahari. Perlu diperhatikan juga adalah pembuangan air dari siraman hujan atau air yang tak terpakai. Air yang mampet tentu berakibat buruk bagi tanaman.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56365

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

 

 

 

 

 

 

About The Author

Leave a Reply