KabariNews – Sebagai bentuk penghormatan bagi umat Hindu yang akan melangsungkan Tapa Brata penyepian menyambut tahun baru Caka yang jatuh pada 21 Maret 2015, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali akan ditutup selama 24 jam. Semua jenis penerbangan domestik maupun internasional dengan tujuan akhir dan keberangkatan pertama mulai 06.00 WITA 21 Maret hingga 06.00 22 Maret akan ditiadakan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya di setiap perayaan Nyepi, seluruh aktivitas penerbangan ditutup, tercatat pada hari tersebut ada 258 penerbangan domestik dan 164 penerbangan internasional yang ditiadakan. Ditutupnya segala aktivitas penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah berlangsung sejak tahun 2000 sesuai dengan surat Dirjen Perhubungan Udara AU/2696/DAU/1796/99003/DPIK tanggal 17 November 2014, serta intruksi Gubernur Bali agar meniadakan seluruh proses keberangkatan dan kedatangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Seperti disampaikan Co General Manager PT Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ardita pada pernyataan resminya (16/3), segala persiapan perayaan Nyepi sudah dilakukan, bahkan pihaknya juga telah menginformasikannya pada seluruh maskapai penerbangan dalam dan luar negeri. Bekerja sama dengan Air Navigation, Angkasa Pura I sudah mengirimkan Notamn (notice to Airman) ke maskapai penerbangan dan bandara di seluruh dunia. Hal ini bertujuan agar pada saat perayaan Nyepi pada maskapai dapat mengatur atau menjadwalkan ulang penerbangannya dari dan menuju Bali.

Kendati ditutup total, Ardita menjelaskan bandara tetap akan menerima pendaratan bersifat darurat.
“Walau tidak beroprasi, tetapi kami tetap menyiagakan personil untuk mengantisipasi adanya permohonan ‘technical landing atau emergency landing’ termasuk medical evacuation” paparnya.

Bandara satu-satunya di Pulau Dewata itu akan beroprasi kembali seperti biasa pada Minggu 22 Maret mulai 06.00 WITA.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/75648

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Rumah

 

 

 

 

kabari store pic 1