Bila Anda kebetulan di Amerika dan ingin melihat kemeriahan Imlek, datanglah ke San Francisco. Inilah tempat perayaan Tahun Baru China terbesar yang berlangsung di luar Benua Asia !

Di tahun 1860, adanya emas memikat banyak orang untuk datang ke San Francisco, dan setengah dari para pendatang tersebut adalah masyarakat keturunan China. Tak heran apabila kini San Francisco telah menjadi salah satu kota dengan perayaan Imlek tertua dan terbaik di luar Asia.

Area pesisir pantai San Francisco akan ‘memerah’ hingga Februari mendatang. Tak lain karena kawasan ini menjadi lokasi berlangsungnya perayaan Tahun Baru China 2012. Berbagai pajangan berbau Imlek menghiasi sepanjang jalannya. Berbagai festival dan parade menyajikan kultur China, yang dibawa para imigran sejak abad ke-18 silam.

Seperti di China, Imlek di San Francisco berlangsung selama 2 minggu. Perayaan dimulai pada 14-15 Januari lalu, yaitu ketika Flower Market Fair menghiasi kawasan ini. Bila sudah terlambat, jangan kuatir, masih ada beberapa festival dan parade seru untuk Anda datangi.

Destinasi pertama adalah Kebun Binatang San Francisco, yang wajib Anda kunjungi pada 29 Januari mendatang. Akan ada berbagai pertunjukan seperti akrobat, barongsai, permainan Yo-yo, dan lain-lain. Namun yang menjadi magnet utamanya adalah Tur Zodiak. Ketika memasuki gerbang utama, petugas akan menanyakan tanggal lahir Anda lengkap dengan tahunnya. Setelah itu, Ada akan dituntun langsung menuju kandang binatang yang menjadi shio Anda dalam kalender China!

“Bahkan kami pun punya naga,” tutur Danny Latham, wakil dari Kebun Binatang San Francisco mengutip situs usatoday.com. Lanjut Latham, “Mereka memang tak bisa terbang dan tak bisa menghembuskan nafas api, tapi kami punya kadal yang cukup keren di sini.”

Destinasi kedua adalah Fransisco Middle School pada 4 Februari mendatang. Ajaklah keluarga Anda untuk menonton Chinese New Year Basketball Jamboree yang rutin diadakan tiap tahun. Lomba ini diikuti oleh berbagai sekolah menengah di San Francisco. Di tanggal yang sama, Anda juga bisa menyaksikan pemilihan Miss Chinatown 2012, bertempat di Palace of Fine Arts Theater.

Acara puncak perayaan Tahun Baru Cina akan berlangsung pada 11 Februari mendatang. Siapkan kamera Anda sebelum memasuki area pesisir pantai San Francisco, karena akan ada berbagai parade seru. Pertunjukkan barongsai raksasa, tarian khas China, serta pelepasan lentera kertas ke laut bisa Anda ikuti tanpa membayar uang sepeser pun!

Perayaan Imlek di San Francisco akan lebih seru dari tahun lalu. Karena, perwakilan dari umat Tionghoa di seluruh AS akan datang dan turut berpartisipasi dengan cara masing-masing. Anda bisa bertemu langsung dengan mereka di Chinatown Community Street Fair. Di sini, Anda juga bisa belajar membuat kaligrafi China juga layang-layang tradisional.

Puncak perayaan Imlek tahun ini juga akan dimeriahkan oleh konser musik dari The San Francisco Symphony Chinese New Year Community. Beberapa grup musik tampil dengan musik dan instrumen hasil akulturasi budaya Cina dan Amerika.

Konser musik ini dimulai pukul 16.00 waktu setempat. Namun, Anda bisa datang beberapa jam sebelumnya untuk melihat-lihat pasar tradisional. Inilah tempat yang tepat bagi Anda mencicipi masakan dari berbagai provinsi di China, juga membeli oleh-oleh untuk teman dan kerabat. Nah, meriah kan?

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37789

Untuk melihat artikel Amerika / SF lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :