Jangan anggap enteng procrastination. Prokrastinasi berasal dari bahasa latin (procrastinare) yang berarti pro-gerakan maju, dan crastinus-milik hari esok. Procrastination (prokrastinasi) adalah kebiasaan menunda-nunda tugas atau pekerjaan. Kebiasaan prokrastinasi mengakibatkan diri menjadi produktif, tidak dan pekerjaan selalu tertunda.

Pelaku prokrastinasi biasanya adalah mereka yang mempunyai masalah dengan manajemen waktu. Mereka tidak bisa mengatur waktu untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Prokrastinasi dapat menyebabkan stress, perasaan bersalah, berkurangnya produktivitas dalam diri, dan dapat menghilangkan kepercayaan Anda pada orang lain ketika mereka memberikan Anda pekerjaan. Berikut beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan prokrastinasi.

1. Pikirkan sekali lagi, kenapa Anda termasuk prokrastinator. Apakah Anda takut gagal dalam mengerjakan tugas? Apakah Anda termasuk perfeksionis dan hanya ingin mengerjakan tugas tersebut dalam kondisi yang sempurna? Apakah Anda adalah tipikal yang mudah tergoda pada hal lain sehingga Anda meninggalkan tugas yang sedang Anda kerjakan?

2. Buatlah rencana ketika ingin mengerjakan sesuatu. Apabila Anda memiliki tugas / proyek yang cukup berat, bagilah tugas tersebut. Selesaikan tugas tersebut satu per satu.

3. Pasanglah tenggat waktu sehingga Anda lebih termotivasi untuk menyelesaikannya. Coba biasakan membuat deadline untuk suatu hal, misalnya menyelesaikan membaca beberapa halaman buku dalam satu jam atau selesai merapikan halaman dalam 2 jam.

4. Mengerjakan waktu dengan jangka waktu yang pendek lebih efektif ketimbang melakukan sesautu dengan jangka waktu yang panjang. Berilah diri Anda istirahat setelah menyelesaikan beberapa bagian dari pekerjaan Anda, sehingga Anda dapat mengendurkan otot Anda yang tegang karena pekerjaan tersebut.

5. Memulai pekerjaan dari yang paling mudah. Misalnya ketika Anda mendapat tugas membuat suatu makalah, mulailah dengan membuat outline dari makalah tersebut sehingga Anda tahu apa yang harus Anda kerjakan.

6. Buatlah pekerjaan Anda menjadi permainan, misalnya bertaruh dengan teman-teman Anda bahwa Anda akan menyelesaikan pekerjaan ini dalam batas waktu yang ditentukan. Jika Anda gagal, Anda harus melakukan sesuatu untuk teman-teman Anda. Buatlah pekerjaan Anda menjadi sesuatu yang bernilai dan Anda harus berusaha untuk mendapatkan nilai tersebut.

7. Jauhkanlah hal-hal yang kira-kira akan mengganggu konsentrasi Anda. Contohnya dengan mematikan peralatan elektronik yang dapat menimbulkan suara, seperti televisi, radio dan handphone. Jauhkanlah gadget seperti playstation dan nintendo agar Anda tidak tergoda untuk memainkannya selagi mengerjakan sesuatu.

Buatlah jadwal kegiatan Anda. Tandai ketika Anda berhasil menyelesaikannya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32955

Untuk melihat Berita Indonesia / Sana-Sini lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket