APEC 2013

Hasil pertemuan KTT APEC 2013 yang digelar di Bali menghasilkan tujuh kesepakatan. Hal ini diungkap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku tuan rumah penyelenggaraan APEC 2013 di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali (8/10).

“KTT berjalan baik dan memberikan hasil yang sangat positif” ungkap Presiden.

Dari beberapa rangkaian pertemuan sampai puncak acara menghasilkan tujuh kesepakatan, diantaranya adalah :

  1. Kesepakatan mensukseskan Bogor Goals pada tahun 2020. Para pemimpin sepakat untuk memperkuat, mendorong dan membuka kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam agenda APEC dan dapat saling menguntungkan. “Kami berpadangan bahwa seluruh aspek ekonomu APEC harus berawal dari kerja sama APEC dan tumbuh” paparnya
  2. Para pimpinan APEC sepakat meningkatkan perdagangan intra-APEC  untuk infrastruktur, meningkatkan kapasitas dan memanfaatkan sistem perdagangan multilateral. “Perdagangan multilateral adalah pengenalan di antara anggota APEC yang membawa keuntungan lebih pada ekonomi dan kesuksesan dalam kerja sama multilateral di kawasan,” kata Presiden. Ditambahkan SBY, kesepakatan perdagangan multilateral nantinya akan diangkat pada pertemuan WTO di Bali pada Desember 2013 mendatang.
  3. Semua pemimpin APEC menyetujui peningkatan konektivitas dan sumber daya manusia diantara anggota APEC. Untuk itu dibuat konektivitas yang menitikberatkan pada investasi dan infrastruktur. “Kami berpendapat bahwa konektivitas dapat mengurangi biaya produksi dan transportasi, sekaligus memperkuat ‘supply chain’ regional serta meningkatkan iklim bisnis di kawasan asia pasifik,” kata SBY.
  4. Pimpinan APEC sepakat menjaga pertumbuhan ekonomi global. APEC juga membuat kesepakatan untuk memfasilitasi dan memperkuat usaha kecil dan menengah, serta memberdayakan peran perempuan dan generasi muda.
  5. Memperkuat ketahanan pangan, dimana ada kerja sama dibidang energi, pangan dan air. “Upaya ini dilakuka untuk menghadapai tantangan dari lonjakan populasi dan dampak perubahan iklim”.
  6. Seluruh negara-negara yang tergabung dalam APEC sepakat untuk mendukung pertemuan-pertemuan multilateral lain seperti KTT ASEAN dan G-20.
  7. Poin ketujuh yaitu para pimpinan sepakat mengembangkan sektor bisnis melalui Dewan Penasehat Bisnis APEC (ABAC)  untuk mencapai tujuan perdagangan bebas dan terbuka serta mendorong investasi.  “kolaborasi ini akan menghasilkan ‘win-win solution’ terutama saat perekonomian global belum sepenuhnya pulih” pungkas SBY.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59094

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

gihan_ezine