Satu lagi penyanyi Indonesia unjuk gigi di Amerika Serikat. Adalah Joshua Matulessy atau yang biasa disapa JFlow yang melakukan road show wara wiri ke beberapa negara di AS, dari Chicago, Boston, New York, Washington DC, San Francisco sampai Los Angeles.

JFlow berada di Amerika Serikat dalam rangka mengikuti short course selama dua minggu, yaitu program IDEAS (Innovative Dynamic Education and Action for Sustainability) Indonesia yang merupakan kerja sama antara MIT Boston dengan UID (United In Diversity) Forum Indonesia. JFlow merupakan peserta yang berasal dari kalangan seni pertama kalinya.

Kedatangannya ini selain mengikuti short course juga mengemban misi mulia, yaitu ingin lebih mengenalkan seni budaya Indonesia di negeri Paman Sam. J-Flow berkata kepada kabari Indonesia Indonesia adalah bangsa yang besar dengan potensi yang belum banyak digali. “Contohnya saja asset budaya sudah banyak tetapi banyak yang belum digarap, salah satu misi ini adalah untuk menyadarkan semua orang Indonesia dimana pun berada, kami para seniman butuh support anda semuanya demi mempromosikan Indonesia di mata dunia, terutama Amerika.” ujarnya.

JFlow menekankan yang diperlukan adalah komitmen, di beberapa state yang ia datangi dan banyak mengobrol dengan orang Indonesia dari berbagai elemen sekaligus bertanya kepada mereka. Dia menemukan kesimpulan, dari beberapa tahun di setiap event Indonesia yang dilakukan di AS adalah untuk orang Indonesia sendiri. Menurutnya, tidak ada impact buat orang lokal Amerika.

“Nah sekarang bagaimana kita buat event siapapun yang dari Indonesia harus ada impact yang positif bagi Indonesia. Masih banyak yang masih bisa dieksplorasi tetapi belum bisa dikemas secara relevan, tidak dikemas secara industri atau komersial, datangkan juga musisi atau seniman yang mempunyai kapabilitas seperti itu yang mempunyai misi menyebarkan seni dan budaya Indonesia” kata pria yang lahir 8 April 1980 ini.

JFlow telah mengeluarkan album Facing Your Giants (2008) dan Dreambrave (2011) dan #REFILL (2014). Album terakhirnya ini, selain berisi lagu baru album ini juga terdapat kombinasi lagu yang sudah ada di dua album sebelumnya, namun dengan aransemennya yang baru.”Di Album ini juga ada salah satu lagu Slank yang sarat dengan semangat anak muda” kata dia.

JFlow selain pernah tergabung di grup musik hiphop Saykoji, ia juga memiliki satu group rohani yang bernama Disciples bersama tiga sahabatnya yaitu Igor Saykoji, Guntur Simbolon, dan Rendy Rainhard. Ia bersama Tompi, Melanie Subono, Mike Mohede, Barry Likumahuwa, dan sejumlah musisi lainnya membentuk EFA Project untuk mensupport korban bencana banjir dan longsor di Ambon, pada awal Agustus 2012 yang lalu.

Selain itu JFlow pernah terlibat dalam Provocative Proactive TV yang merupakan acara yang disajikannya bersama Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, Ronal Surapradja, dan Andari. Nah, baru-baru ini, JFlow juga mencipta lagu “Revolusi Mental” sebagai bentuk kampanye gembira dalam rangka pemenangan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam pilpres Indonesia.(1009)

Klik disini untuk melihat Majalah Digital Kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?71529

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by:

Asuransi Mobil