Suasana pembagian hewan kurban. Semangat berbagi.

Suasana pembagian hewan kurban. Semangat berbagi.

Setiap tahun umat Islam memperingati Hari Raya Iedul Adha atau Iedul Qurban yang puncaknya berupa Ibadah Haji, sehingga orang pun menyebutnya sebagai Lebaran Haji.  Yang menarik kabarinews.com amati adalah kemitraan antara masyarakat dan aparat kepolisian sebagai pengayom dan pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

 Selasa (16/10), masyarakat yang merayakan Iedul Adha terlihat sibuk menyiapkan segala sesuatunya. Mereka membawa hewan kurban yang diatasnamakan diri sendiri maupun keluarga. Seekor kambing (domba) biasanya untuk satu orang, sedangkan sapi (kerbau) untuk 4 atau 5 orang. Setelah shalat Iedul Adha pada pagi hari, hewan-hewan kurban tersebut disembelih, dan dagingnya dibagikan secara merata kepada warga yang tinggal di sekitar lokasi pemotongan hewan kurban.

Kepala panitia pembagian daging qurban di Masjid Baiturahman, Depok.

Kepala panitia pembagian daging qurban di Masjid Baiturahman, Depok.

Hal serupa senada di banyak tempat seperti dipantau kabarinews.com, misalnya di wilayah Pasar Minggu, Cinere hingga Lenteng Agung. Salah satunya disampaikan oleh kepala panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Baiturahman, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok.

“Kami memotong kambing dan sapi, hewan kurban dari para warga dan diberikan merata kepada seluruh warga sebanyak 8 Rukun Tetangga di wilayah tempat tinggal kami. Di sini makna dari peringatan Iedul Adha di mana terasa semangat saling berbagi,” demikian disampaikannya.

Melihat peringatan dilaksanakan serempak pada waktu yang sama di segala penjuru tentu dibutuhkan kesiapan aparat melakukan pengamanan. Untuk itu Kabarinews.com sempat mendatangi Aiptu M Sodiq (44), Kapolpos Pondok Jaya, Polsek Pancoran Mas, Depok di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) di Jl Permata Raya.

Aiptu M Sodiq.

Aiptu M Sodiq.

“Wilayah Polsek Pancoran Mas, utamanya Pondok Jaya relatif kondusif dan aman, karena kami selaku pelaksana di garda terdepan telah mendapat pembagian tugas dari pimpinan. Di antaranya, melakukan pendataan tempat-tempat yang akan dilaksanakan shalat Iedul Adha, serta langkah antisipatif dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Aiptu M Sodiq juga menyampaikan kegembiraannya atas kemitraan yang harmonis antara aparat hukum bersama warga dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi semua.

“Dari pihak kepolisian, kami melakukan  5 unggulan program, di antaranya sambang Bhayangkara selaku pembina kamtibmas dengan mendatangi warga secara door to door, dan warga sendiri juga berperan aktif menjaga keamanan lingkungan dan melaporkan kepada petugas bila ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Hal-hal ini dilakukan semata untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman, sehingga peringatan Iedul Adha dapat dilaksanakan dengan baik.  (Buyung Zulfiar)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59237

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero