KabariNews – Tak hanya tubuh yang bisa kelelahan, semua anggota tubuh juga bisa mengalami kelelahan, begitu juga mata. Mata lelah dapat menurunkan penampilan, apalagi jika mata sudah terlihat berkantung dan terdapat lingkaran hitam di sekitarnya (mata panda). Banyak hal yang bisa menyebabkan mata lelah, di antaranya karena membaca, bekerja di depan layar monitor atau bisa juga akibat stres.

Mata lelah biasanya ditandai dengan bengkak di kelopak mata, selain itu kepala juga terasa berat saat beraktivitas rasanya seperti ingin memejamkan mata. Tak  hanya itu saja, mata lelah juga dapat jadi salah satu penyebab gangguan mata, seperti kurang fokus seperti mata minus atau pun mata plus.

Untuk mengurangi kelelahan mata, banyak cara alami yang bisa dilakukan, salah satunya olahraga atau senam mata. Tak hanya tubuh saja yang harus bergerak dan dilatih, mata pun perlu senam ringan agar lebih fokus dan terhindar dari mata lelah. Percaya atau tidak, senam mata mampu mencegah timbulnya tumor dibelakang mata, mengurangi penyakit mata, menghilangkan lingkaran atau bengkak pada bawah mata. Kabar gembira bagi para wanita, senam mata juga berkhasiat untuk mengurangi keriput, membantu otot mata agar lebih kuat dan mempertajam fokus pengelihatan.

Sekarang singkirkan pekerjaan Anda sejenak dan ikutilah langkah senam mata berikut:

Pertama. Lakukan pamanasan sebelum memulai senam mata. Pemanasan dengan bantuan kedua telapak tangan. Caranya, gosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat, lalu tempelkan ke mata Anda, diamkan sesaat. Mata akan terasa hangat, ulangi beberapa kali.

Kedua, tutup mata Anda selama lima detik, lalu buka kembali selama lima detik. Ulangi sampai beberapa kali.

Ketiga. Putar bola mata Anda searah jarum jam, kemudian kedipkan mata. Putar kembali mata dengan arah berlawanan kemudian kedipkan mata. Ulangi beberapa kali.

Empat. Fokuskan mata Anda dengan melihat beberapa benda, misalnya pulpen. Letakkan sejauh 15 cm dari mata Anda. Kemudian lihatlah benda lain lebih jauh dari objek (pulpen) yang Anda lihat sebelumnya, misalnya jam dinding atau benda lainnya. Ulangi beberapa kali.

Lima. Untuk melatih otot mata, lakukan dengan melihat fokus benda. Siapkan pulpen/ benda lainnya. dengan tangan lurus, hadapkan benda lurus ke depan, lalu gerakan tangan Anda mendekati hidung, ikuti pergerakannya dengan melihat pensil itu. Ulangi beberapa kali.

Mudah bukan? Hanya perlu waktu kurang dari 10 menit, Anda bisa melakukan senam mata. Lakukan senam ini setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

 CARA ALAMI MERAWAT MATA LELAH

Mata lelah pasti terlihat sayu. Jangan biarkan mata lelah menurunkan penampilan Anda, apalagi jika mata sudah terlihat berkantung dan terdapat lingkaran hitam disekitarnya. Selain melakukan senam mata, Anda juga patut mencoba tips mengatasi mata lelah.

Untuk mengatasi mata lelah tidak perlu repot-repot beli obat ke apotek, karena Anda bisa mengatasinya dengan berbagai bahan alami, silakan buktikan:

Mentimun

Ketimun-001Menggunakan mentimun untuk mengatasi masalah mata lelah sudah sangat umum dilakukan. Hampir semua orang bahkan tahu cara ini. Tapi apakah Anda tahu kenapa alasannya? Kandungan vitamin A dan C dalam mentimun bisa menstimulasi mata menjadi segar dan mengurangi kemerahan pada mata. Sensasi sejuk dan dingin mentimun membuat mata rileks sehingga mata dan area sekitarnya kembali menjadi segar. Hanya cukup dengan menumpangkan potongan mentimun di atas kelopak mata, diamkan sesaat. Mata akan kembali segar dan bye mata lelah.

Teh Celup Bekas Alpuk

Tea-bags-E-Note-sxcJika biasanya Anda menikmati teh celup pada pagi atau sore hari, jangan buang kantong teh celupnya, sebab sisa kantung teh bisa digunakan untuk mengurangi kantung mata pada saat Anda yang lelah. Ambil sisa teh celup setelah pemakaian, tiriskan, lalu tumpangkan pada bagian mata, rileks dan rasakan otot-otot bagian mata Anda mengendur. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil makimal.

Alpukat

Buah kaya folat ini juga bisa andalkan untuk mengatasi mata lelah. Caranya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya harus meletakkan potongan buah alpukat yang sudah masak di bawah mata Anda. Diamkan beberapa saat. Hasilnya kantung mata akan kempis dan lingkaran hitam akan memudar. Lakukan rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengandalkan Sendok Makan

SendokCara tradisional ini ternyata terbukti ampuh, ngga percaya? Mari buktikan! Caranya adalah dengan mendinginkan sendok selama dua menit di dalam  rendaman air dingin. Setelah itu tutup kelopak mata Anda dengan sendok dingin selama satu menit. Cara ini lebih praktis, dan lebih cepat mengembalikan mata sayu karena kelelahan. (1001)