Bahaya RadiasiLihatlah ke sekeliling rumah dan perhatikan berapa banyak peralatan elektronik dan gadget yang kita gunakan. Sudahkah kita mempertimbangkan bahaya radiasi dari berbagai gawai dan peralatan elektronik tersebut? Apakah kita memperlakukan benda tersebut dengan sebagaimana mestinya untuk meminimalisir efek radiasi yang terjadi. Padahal, ancaman radiasi ini sudah kita ketahui bersama-sama. Namun, seringkali kita lalai dan kurang memperhatikan dampak maupun efek negatif dari radiasi untuk kesehatan kita.

Ancaman Berbahaya

Radiasi yang mengenai tubuh manusia, ada menyebabkan 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama akan berinteraksi dengan tubuh manusia dan kedua hanya melewati saja. Radiasi yang menyerang pada manusia akan mengakibatkan kerusakan sel baik secara langsung maupun tidak langsung. Perubahan kimiawi pada sel tersebut dapat menyebabkan kanker maupun kelainan genetik.

Untungnya, sel pada tubuh kita yang terkena radiasi tingkat rendah dapat memulihkan dirinya sendiri dengan sangat cepat. Lain halnya dengan sel yang terkena radiasi tinggi, sel akan rusak secara permanen atau bahkan akan mati. Sebenarnya, sel yang sudah mati relatif tidak berbahaya karena akan diganti dengan sel baru. Nah, yang berbahaya adalah sel yang rusak permanen. Saat membelah diri, sel yang rusak permanen dapat menghasilkan sel abnormal. Sel yang abnormal inilah yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker pada manusia.

Berhati-hati Menggunakan Ponsel

Di jaman sekarang ini, ponsel menjadi barang yang lumrah digunakan berbagai kalangan mulai dari penduduk kota hingga pedesaan. Bukan saja oleh orang dewasa, remaja hingga anak-anak pun sudah berinteraksi dengan ponsel. Di samping fungsinya yang amat dibutuhkan, ponsel nyatanya berdampak buruk bagi kesehatan karena efek radiasi yang dipancarkannya.

Bahaya yang dapat terjadi akibat radiasi ponsel adalah meningkatnya risiko: kanker otak, tumor rahim, kanker testis, kegagalan kandungan pada perempuan, hiperaktif pada anak dan merusak otak anak-anak.

Untuk menimalisir dampak buruk ponsel bisa dilakukan beberapa hal berikut: jauhkan ponsel jika tidak digunakan, pilih untuk menggunakan headset atau speaker saat menelepon yang lama. Namun, kurangi penggunaan headset wireless dan bluetooth. Lebih baik SMS ketimbang menelepon. Pakai casing yang mampu menahan radiasi. Jika menelepon, gunakan kedua telinga secara bergantian, dan diamlah di tempat. Matikan ponsel saat sinyal lemah dan kurangi pemakaian smartphone. Kurangi penggunaan WIFI. Batasi penggunaan ponsel dalam gedung. Dan jangan lupa untuk mengurangi penggunaan HP saat hamil.

Radiasi Komputer dan Perangkat Elekronik

mika-pelindung-layar

Penggunaan komputer atau laptop yang berlebihan akan berpengaruh pada penglihatan. Mata pegal, sulit tidur, rasa lelah, menurunnya produktivitas hingga insomnia adalah dampaknya. Lebih jauh lagi, penelitian membuktikan adanya efek yang lebih berbahaya. Akan timbul gangguan siklus menstruasi pada perempuan, menurunnya libido, hingga gangguan hormonal.

Sumber radiasi komputer adalah CPU dan layar sehingga radiasi yang ditimbulkan besar. Selain itu, pengguna komputer yang harus berdekatan dengan komputer akan memperburuk pengaruh radiasinya. Penggunaan komputer pun harus diperhatikan. Berikut beberapa tips sehat menggunakan komputer: istirahatlah selama 5 jika sudah menggunakan komputer selama 1 jam. Gunakan waktu 5 menit tersebut untuk olahraga ringan atau berjalan-jalan. Untuk menghindari mata lelah, biasakan untuk melihat keluar pemandangan atau benda-benda yang jauh setiap 15 menit sekali.

Sesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan dan letakkan monitor pas pandangan mata sehingga tidak menunduk atau menengadah. Atur setting dan kontras komputer agar tidak terlalu terang atau tidak terlalu gelap. Atur teks agar nyaman dibaca, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Baik layar komputer ataupun televisi yang masih menggunakan CRT (Tuba Katoda Ray) memancarkan radiasi yang berbahaya bagi sel-sel tubuh kita. Lain halnya dengan layar rendah radiasi seperti layar LED atau LCD. Layar tersebut relatif lebih aman bagi kesehatan kita.

Peralatan audio-video yang biasa kita gunakan di rumah pun mengeluarkan gelombang eletromagnetik. Namun, tenang saja karena gelombang elektromagnetik yang berbahaya adalah yang dekat dengan kita dalam jangka waktu lama. Sepanjang pemakaiannya tidak berlebihan, radiasi dari peralatan tersebut tidak membahayakan.

Dengan banyaknya efek dari radiasi benda-benda yang kita gunakan sehari-hari tersebut, layak kiranya kita mengatur penggunannya. Dalam kamar tidur, hindari memasang barang elektronik. Jangan lalai dan membiarkan anak-anak menggunakan peralatan elektronik berlebihan. Peralatan yang berfungsi maksimal tentu yang kita cari dan radiasi minimal tentu kita butuhkan juga agar tubuh sehat. (1008)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?66130

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan
Kabaristore150x100-2